Wing Box Trailer Beri Solusi

23 / 07 / 2015 - in Products

Permintaan pengiriman antarkota, antarprovinsi, dan antarpulau serta pengiriman jarak jauh dalam skala besar terus meningkat. Agar mampu bersaing di industri ini, wing box trailer hadir memberikan solusi guna meningkatkan efisiensi biaya transportasi.

Dengan kemampuan kubikasi barang yang setara dengan kontainer 40 feet, karoseri wing box trailer mulai populer dan digunakan para pengusaha transportasi barang antarkota. Karoseri wing box trailer memberikan solusi pemindahan barang skala besar dalam sekali tempuh perjalanan. Johan Arif Koestanto, Marketing Manager Master Karoseri mengatakan, “Sebagai bentuk moda angkutan baru, wing box punya fungsi yang lebih luas dan waktu bongkar muat yang efisien.” Jika angkutan kargo menggunakan bak terbuka, saat bongkar muat harus menggeser terlebih dahulu ke bagian belakang.

Dengan mekanisme dan penggerak hidrolik power pack, karoseri wing box merupakan kombinasi dan gabungan karoseri trailer dengan karoseri wing box dalam satu produk karoseri kendaraan. Karoseri wing box trailer juga mempunyai keunggulan yang sama dengan karoseri wing box standar, yakni dengan posisi yang bisa terbuka secara penuh menjadikan proses bongkar muat barang menjadi lebih cepat dan lebih mudah serta memungkinkan proses bongkar muat bisa dilakukan dari berbagai arah.

Keunggulan

– Dilengkapi dengan sayap di kedua sisi kanan dan sisi kiri karoseri, melindungi muatan dari panas dan hujan.

– Proses bongkar muat barang menjadi lebih cepat dan bisa dilakukan dari berbagai arah.

– Bongkar muat barang cukup menggunakan alat bantu forklift.

– Kemampuan dan daya angkut ekstra besar, ekstrakargo, kemampuan kubikasinya setara dengan kontainer 40 feet.

– Cocok untuk pengiriman massal jarak jauh dalam jumlah banyak dengan sekali tempuh perjalanan sehingga biaya transportasi menjadi lebih efisien.

Tipe Wing Box  

Ada tiga tipe wing box yang umum digunakan perusahaan kargo di Indonesia.

– Karoseri wing box panjang 9,7 meter kombinasi dengan chassis truk spesifikasi 10 ban, 26 ton. Ekstrakargo dan tonase esktratinggi.

– Karoseri wing box panjang 9,4 meter dikombinasikan dengan chassis truk spesifikasi 10 ban, 26 ton. Ekstrakargo dan daya angkut superbesar.

– Karoseri wing box panjang 7,5 meter dikombinasikan dengan chassis truk spesifikasi 6 ban, 15,2 ton. Ekstrakargo yang ekonomis dengan kemampuan maksimal.

Proses Pembuatan

Secara umum pembuatan wing box sama untuk semua karoseri. Berikut proses pembuatan karoseri berdasar penuturan Direktur PT Antika Raya, Jimmy Tenacious.

1. Persiapan perakitan

Proses ini berhubungan langsung dengan materi wing box. Seperti pemotongan plat besi, rangka besi, dan pembengkokan plat atau rangka besi.

2. Perakitan

Proses ini terdiri dari pembutan lantai dan dinding wing box. Setelah semua materi disiapkan, diakhiri dengan pengelasan.

3. Pemasangan kunci, engsel, dan bagian pendukung rangka wing box.

4. Pemasangan dinding belakang dan depan.

5. Pemasangan sayap dan atap.

6. Pemasangan hidrolik dan power pack.

7. Persiapan pengecatan.

Pada tahap ini, wing box sudah naik ke truk lalu dilakukan pemeriksaan sambungan rangka dan plat besi, pemasangan seal, dan tes kebocoran.

8. Pengecatan.

Setelah proses ini, dilakukan lagi tes kebocoran untuk memastikan sambungan dan seal tidak ada yang terpengaruh cat.

9. Penyelesaian interior

Proses ini terdiri dari pemasangan lantai melamin, pemasangan lampu, dan instalasi elektronik pendukung lain.

10. Penyelesaian akhir

Proses ini terdiri dari pemasangan stiker perusahaan, sepatbor, dan pengecekan fungsi hidrolik dan instalasi kelistrikan.

Tips agar Wing Box tetap Awet

1. Memperhatikan muatan dan kapasitas wing box.

2. Memeriksa secara rutin fungsi hidrolis, engsel pintu, dan seal pada sambungan.

3. Perhatikan kondisi oli hidrolis dan gemuk pada perangkat wing box.

Material Wing Box

Di karoseri wing box, terdapat dua dinding; depan dan belakang, biasanya bagian ini terbuat dari bahan aluminium dan besi. Begitu pula dinding samping atau pintu bawah wing box yang juga terbuat dari bahan aluminium dan besi.

Dinding yang terbuat dari bahan besi lebih ringan karena hanya terdiri dari plat besi yang dibending dan dilas di masing-masing sisi perisai. Sedangkan dinding aluminium dirakit dengan menggunakan double aluminium hollow. Yang perlu diperhatikan adalah kadang perusahaan karoseri tidak melengkapi wing box dengan stabilizer karena alasan pembeli tidak meminta. Jika pembeli tidak tahu, perusahaan karoseri tidak menambahkan alat ini karena memang harganya mahal. Karena inilah pemilihan ketebalan plat, memengaruhi harga produk.

Wing box sangat rentan dengan kebocoran, pemasangan seal yang kurang rapi dan rangka yang tidak kokoh akan memperbesar kemungkinan risiko bocor. Periksa dengan cermat wing box pesanan sebelum meninggalkan perusahaan karoseri.

Plat pada bagian paling bawah adalah bagian yang paling riskan terhadap risiko benturan bongkar muat barang, benturan pallet atau dengan forklift. Penyok atau cekungan pada bagian dinding ini mengindikasikan penggunaan material karoseri yang tipis. Pastikan kesepakatan awal mengenai penggunaan material dengan perusahaan karoseri, dengan pengecekan ulang produk.

Teks: Sigit Andriyono

Foto: dokumentasi PT Antika Raya



Sponsors

NEW_327X300_

AFFA-logisticsphotocontest 

Capture 

logo-chinatrucks300 327pix