Waspadai Spot Tersembunyi di Truk Anda

30 / 09 / 2021 - in Tips & Trik

Banyak kendaraan telah dimodifikasi dari spesifikasi orisinal kendaraan aslinya. Modifikasi ini terkadang mengarah pada perilaku bahaya bahkan dimanfaatkan oleh oknum untuk tindak kriminal. Ada kompartemen dalam kendaraan yang cukup implisit, artinya kompartemen tidak dapat dilihat dengan mata telanjang tetapi merupakan bagian alami dari kendaraan. Di sisi lain, ada beberapa kompartemen yang dianggap palsu, artinya kompartemen itu bukan bagian alami dari kendaraan dan secara khusus dibuat untuk menyembunyikan barang.

Wahyu Fanani Kepala Bengkel PT Bintang Margajaya Gresik mengatakan, “Banyak kompartemen asli dari pabrikan yang dimanfaatkan di luar dari fungsinya, artinya ada ruang kosong yang sengaja dibuat pabrik untuk menyimpan berkas atau dokumen perjalanan. Spot ini perlu diperiksa sesekali ketika melakukan maintenance rutin untuk mencegah pihak-pihak yang menyalahgunakannya,” katanya.

Kabin Truk atau Head Tractor

Pemeriksaaan kompartemen dengan melihat pada tanda-tanda yang ditinggalkan.

Kompartemen orisinal. Produsen pasti menyiapkan kompartemen untuk seluruh kendaraan. Biasanya kompartemen menjadi tempat yang baik untuk menyembunyikan barang. Awali pemeriksaan dari sini.

Baut dan atau sekrup baru. Setiap barang baru pasti tidak ada cacat dan mengkilap, jika ada sesuatu yang di dalamnya sudah diubah, dimodifikasi, atau dipindahkan, maka akan tampak bekas obeng pada baut atau sekrup yang menunjukkan pelepasan dan pemasangan kembali.

Cari goresan yang tidak biasa atau tanda-tanda lain dari kerusakan. Goresan yang tidak biasa atau tanda-tanda lain menunjukkan bahwa area tersebut mungkin telah dimodifikasi, diperbaiki, atau diganti tanpa prosedur yang baik. Biasanya akan tampak goresan pada permukaan logam atau plastik atau mengembang sedikit.

Periksa sisa-sisa kabel listrik, selotip, atau barang serupa. Bahan-bahan ini banyak digunakan untuk merapikan atau memasang komponen lain di luar fungsi kendaraan.

Periksa apakah ada area yang kotor atau komponen yang terlihat bersih atau dibersihkan. “Pembersihan di area tersebut yang biasanya kotor menunjukkan item-item ini baru atau baru saja diperbaiki atau dimodifikasi. Pengemudi atau manager fleet harusnya bisa menjelaskan mengapa ada komponen baru atau bekas dibersihkan di kendaraan,” tambah Wahyu.

Periksa apakah ada pengelasan baru atau rusak. Cara menyembunyikan barang di bagian terdalam kendaraan adalah menutupi dengan lembaran plat lalu dilas. Terkadang ada pengelasan lama yang dirusak dulu lalu mengelas kembali untuk menutupinya.

Waspadai juga jika ada bekas sidik jari berminyak. Bekas dari tangan kotor atau noda yang tersisa pada suatu area yang seharusnya jarang terkena tangan dapat mengindikasikan area tersebut baru saja diakses.

Eksterior Truk

Kabel lampu dan lampu belakang. Periksa kabel dan lampu dengan menghubungkan aki ke detonator. Dengan demikian, akan terlihat fungsi kabel sebenarnya.

Periksa area di sekitar pengait trailer di belakang kabin. Periksa area ini di mana tempatnya terpasang ujung sasis dari tanda-tanda modifikasi. Perlu juga membandingkan dengan komponen dari truk lain.

Pipa knalpot juga bisa digunakan untuk menyembunyikan sesuatu karena pada dasarnya knalpot digunakan untuk membuang gas. Periksa jalur knalpot apakah ada penambahan jalur lain yang tidak difungsikan untuk jalur asap.

Periksa secara visual area di antara fender depan dan radiatornya. Apakah ada benda asing yang diletakkan di area ini karena area ini juga dilewati jalur kabel listrik untuk lampu depan dan aksesoris.

Kotak aki. Periksa apakah aki sudah terhubung dengan benar. Jika pada kotak tersebut ada ruang kosong atau aki yang tidak terhubung bisa menanyakan kepada pengemudi atau fleet manager.

Tangki BBM

Tangki BBM adalah area yang sangat mungkin untuk menyembunyikan barang yang tidak terlalu besar.

Periksa pengelasan baru yang tidak biasa di bawah pengaman aki. Pengaman aki yang tidak bersentuhan langsung dengan tangki bisa dikarenakan ada tonjolan yang mengganjalnya.

Tangki bahan bakar terpisah. Di beberapa merek truk ada tangki BBM cadangan, pastikan tangki cadangan berisi BBM atau oli hidrolik.

Ketuk tangki secara acak di beberapa bagian, dengarkan bunyi yang tidak lazim. Jika ada sesuatu di tangki selain BBM, periksa apakah mendengar bunyi yang berbeda.

Tidak ada koneksi apa pun ke tangki. Jika ada sesuatu di tangki selain BBM, bisa saja tangki digunakan untuk kamuflase tempat menyembunyikan sesuatu.

Rasakan tangki BBM dengan tangan untuk memeriksa temperatur yang tidak lazim. Normalnya pada tangki sebelah atas akan terasa hangat dan pada bagian bawah terasa sedikit lebih dingin.

Ban

Pukul ban dengan alat tumpul. Di dalam ban harus kosong atau bunyi nyaring atau bunyi khas ban. Ban yang terdengar padat atau tidak kosong ini bisa merupakan ancaman.

Periksa tampilan mur roda. Pembersihan pada mur roda menunjukkan ban baru saja dilepas.

Waspada terhadap penambahan ban cadangan atau dudukan tambahan. Ini dapat digunakan untuk menyembunyikan sesuatu yang berbahaya.

Kompartemen Mesin

Rasakan radiator dan area-area yang terasa lebih dingin. Radiator harus memiliki suhu merata di semua permukaan. Area yang lebih dingin mengindikasikan bagian dari radiator tidak berfungsi dan karenanya terdapat celah yang tidak biasa.

Periksa wadah cairan pencuci kaca depan. Pastikan cairan tidak berubah, perubahan bisa menjadi keruh atau bening, atau bisa saja ada sesuatu yang disimpan di dalamnya.

Periksa filter udara dari benda asing. “Pada sebagian besar merek truk, tutup filter udara mudah dilepas. Sebenarnya mesin dapat berjalan meskipun filer udara ada sumbatan. Tempat tersebut juga bisa menjadi lokasi untuk menyembunyikan sesuatu yang berbahaya. Sembari memeriksa filter, raba dengan jari untuk memeriksa ke dalam filter,” ungkapnya.

Periksa saluran filter oli untuk memastikan apakah ada benda asing atau saluran baru yang dibuat melewati jalur filter. Filter oli juga dapat dimodifikasi untuk menampung material asing saat mesin sedang berjalan.

Periksa kontainer oli di bawah blok mesin. Apakah ada modifikasi pada area tersebut. Cari saluran atau kabel yang masuk wadah tersebut.

Periksa firewall apakah ada tanda-tanda modifikasi atau kerusakan terutama cari tanda-tanda lembaran logam baru yang menunjukkan kemungkinan ada sesuatu yang disembunyikan di belakang firewall.

Di Dalam Kompartemen Penumpang

Perhatikan baik-baik pada dasbor, apakah ada bodi yang rusak atau pemasangan yang tidak bisa rapi dan rapat. Di balik dasbor ada rongga untuk akses kabel dan aksesoris. Periksa secara visual dari bawah, apakah ada aksesoris asing yang terpasang.

Periksa ventilasi yang terpasang di dasbor. “Ventilasi sangat mungkin menjadi lokasi untuk menyembunyikan sesuatu. Umumnya pengemudi biasa menyimpan beberapa rokok di sini karena aksesnya mudah dicapai dengan tangan saat mengemudi. Tetapi, bisa saja menemukan barang selain rokok,” katanya.

Periksa tampilan kursi penumpang dari tonjolan atau jahitan baru.

Ayunan pintu. Waspadai perasaan yang muncul ketika pintu terasa berat saat diayunkan. Bisa saja sesuatu disembunyikan dalam rongga pintu.

Periksa karpet atau lantai dari bekas modifikasi. Biasanya, jika ada yang disembunyikan, lantai akan tampak terlalu tebal.

Cari barang pribadi, wadah, tas dan perangkat yang tampaknya tidak pada tempatnya. Sesuatu bisa disembunyikan di lokasi barang-barang tersebut disimpan. Jika barang pribadi tergeletak begitu saja, bisa saja kompartemen untuk barang-barang itu dimanfaatkan untuk keperluan lain.

Periksa speaker di kabin dan tempat tidur. Celah atau kompartemen asli pabrikan bisa menjadi lokasi menyembunyikan barang.

Dinding dan langit-langit tempat tidur, seharusnya tidak memiliki tampilan yang tidak terlalu tebal. Periksa hal tak lazim seperti tonjolan atau tekstur di langit-langit.

Di Bawah Truk

Pastikan semua koneksi terpasang dengan benar seperti tangki bensin, filter BBM, pipa knalpot, dan kabel-kebel.

Periksa dari bawah apakah ada modifikasi sasis atau kompartemen. Jika area tersebut lebih dingin daripada yang lain, bisa jadi ada ruang pemisah yang dimanfaatkan untuk sesuatu yang berbahaya.

Waspada terhadap tanda-tanda hardware yang baru dipasang. Pengemudi harus bisa menjelaskan setiap perbaikan atau modifikasi pada kendaraan.

Cari tangki cadangan atau tambahan pada kendaraan yang tidak memiliki fungsi pendukung kinerja mesin.

Waspada terhadap ban baru di trailer. Umumnya ban baru dipasang satu set lengkap.

Cari tangki udara pada perangkat pengereman. Udara diperlukan untuk sistem pengereman, pada trailer biasanya berada di dekat as roda belakang. Tangki ini harus berisi udara bertekanan. Gunakan meteran pemeriksa tekanan udara untuk inspeksi. Jika tidak ada tekanan udara, tangki bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain yang membahayakan kendaraan. Pengemudi harus bisa menjelaskan kondisi tangki tersebut.

Editor : Sigit



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix