VW Group Perluas Distribusi Suku Cadang di Asia-Pasifik Via PDC di Malaysia

25 / 01 / 2021 - in Berita

Pusat distribusi suku cadang atau parts distribution centre (PDC) regional Volkswagen (VW) Group seluas 50.000 meter persegi di pelabuhan Tanjung Pelepas, Malaysia sedang dalam proses perluasan jangkauan layanan purnajualnya untuk 21 pasar di kawasan Asia-Pasifik, menyusul relokasi distribusi aftersales regionalnya ke Malaysia pada 2019 lalu.

VW Group melaporkan peningkatan distribusi sebesar 15 persen dan telah memperbarui perjanjian kerja samanya dengan Malaysian Development Investment Authority (Mida).

“Pemerintah Malaysia melalui Malaysian Investment Development Authority (Mida) sangat mendukung relokasi kami ke Malaysia. Kami senang dengan kemudahan melaksanakan proyek kami di sini dan bantuan yang diberikan oleh tim di Mida,” kata Roman Havlásek, kepala Purnajual VW Group seperti dikutip Automotivelogistics.

Produsen mobil itu mengatakan bahwa berkat dukungan pemerintah Malaysia, mereka dapat maju dengan pengaturan dan pengoperasian fasilitas baru dalam menghadapi gangguan akibat pandemi virus korona. VW Group juga mengklaim terus mendapatkan keuntungan dari insentif pajak dan dukungan impor atau ekspor, melalui skema Global Trading Center (GTC) Malaysia.

Adapun PDC VW Group ini terletak di zona perdagangan bebas pelabuhan di wilayah Johor. Fasilitas ini menggantikan fasilitas pembuatan mobil sebelumnya di seberang perairan di Singapura, saat dipindahkan dua tahun lalu.

VW PDC dapat menyimpan sekitar 65.000 suku cadang purnajual asli untuk merek VW Group, termasuk mobil merek VW, Audi, Skoda, dan VW Commercial Vehicles. VW mengatakan situs tersebut meningkatkan distribusi dan efisiensi proses sebesar 15 persen, dengan konektivitas pelabuhan langsung dan hubungan ke hub udara dan jaringan jalan raya sehingga memungkinkan perputaran kargo yang lebih cepat.

Efisiensi pemrosesan gudang juga dibantu oleh teknologi penyimpanan, seperti sistem penyimpanan dan pengambilan paternoster semi-otomatis dan rak lorong sempit. Selain itu, VW kini menyediakan layanan bernilai tambah, termasuk pengemasan ulang dan penandaan ulang untuk distribusi diler.

“PDC baru kami di Malaysia untuk memperkuat rantai pasokan purnajual global Grup Volkswagen. Ini sebuah pencapaian penting dalam menyediakan pengiriman suku cadang asli yang lebih baik kepada pelanggan kami di Asia Pasifik,” kata Roman.

 

Editor: Antonius
Foto: Istimewa



Sponsors

 

logo-chinatrucks300 327pix