Volvo Trucks Perkenalkan Volvo Dynamic Steering untuk Konsumen Indonesia

20 / 06 / 2019 - in Berita

Volvo Dynamic Steering

Volvo Trucks Indonesia memperkenalkan teknologi Volvo Dynamic Steering (VDS) untuk pertama kalinya buat pasar Indonesia. Peluncuran VDS dikemas dalam acara Driving Experience di Sentul, Kamis (20/6/2019), menggandeng PT Wahana Inti Selaras selaku authorized distributor truk Volvo di Indonesia.

VDS merupakan teknologi yang menggabungkan power steering hidrolik konvensional dengan motor listrik, yang diatur secara elektronik dan dipasang pada roda kemudi. Sistem ini dapat mengurangi tenaga yang dibutuhkan dalam mengemudi hingga 85 persen, serta mampu meredam entakan akibat lubang, jalan tidak rata, jalan berlumpur, pengereman, dan menjaga truk tetap lurus ke arah yang dipilih pengemudi.

“Teknologi yang dipatenkan ini bermanfaat bagi pengemudi truk di Indonesia di setiap kondisi operasi. Di jalan bebas hambatan, sistem Volvo Dynamic Steering memberikan stabilitas arah kendaraan yang tak tertandingi. Di jalan off-road saat kecepatan rendah, truk yang penuh muatan pun akan sangat mudah dikendalikan. Sehingga pengemudi dapat melakukannya dengan satu jari,” kata Jurn Terpstra, Managing Director PT Volvo Indonesia (Volvo Trucks Indonesia) selaku agen pemegang merek Volvo Trucks di Tanah Air.

Volvo Dynamic Steering
Volvo Dynamic Steering dapat mengurangi tenaga dalam mengemudi hingga 85%

Secara teknis, Volvo Dynamic Steering bekerja pada sistem kemudi mekanis konvensional, pada poros terhubung ke roda kemudi. Unit servo hidrolik menghasilkan tenaga yang membantu pengemudi memutar lingkar kemudi truk. Sedangkan motor listrik yang digabungkan dengan power steering hidrolik yang dikontrol secara elektronik dan ditambahkan pada poros kemudi, berperan menyesuaikan diri ribuan kali per detik tergantung kondisi berkendara yang diatur oleh unit kontrol elektronik (ECU).

Kemudian saat kecepatan rendah, motor listrik menambah tenaga ekstra dan pada kecepatan lebih tinggi, motor listrik secara otomatis mengontrol kemudi dan melakukan kompensasi atas tekanan yang terjadi pada roda kemudi. Misalnya, akibat dorongan angin samping atau permukaan jalan yang tidak rata.

Hasilnya, pengemudian yang presisi dan memberikan pengemudi truk Indonesia lingkungan kerja yang lebih aman, nyaman, menyenangkan. “Bahkan truk konstruksi yang sarat muatan di jalan off-road yang kasar, bisa dikemudikan tanpa kesulitan sedikit pun. Ada perumpamaan, seekor hamster pun bisa menyetir truk,” ujar Jurn menambahkan.

Sebagai informasi, VDS pertama kali diperkenalkan Volvo Trucks pada tahun 2013 dan terus mengalami improvement. Pada tahun 2018, teknologi ini mengalami penyegaran dengan fitur-fitur, seperti VDS dengan fitur Kemudi Eksternal (External Steering); VDS dengan fitur Pengaturan Pribadi (Personal Settings); VDS dengan fitur Bantuan Stabilitas (Stability Assist); dan VDS dengan fitur bantuan untuk menjaga agar laju truk tetap pada jalurnya (Lane Keeping Assist).

Fitur baru ini sekarang tersedia di Indonesia untuk truk rigid dan prime mover dengan poros roda depan tunggal (6×4) dan poros depan ganda (8×4). Namun saat ini belum tersedia untuk truk berpenggerak di semua roda (all-wheel drive). Truk on-road dan off-road dapat dilengkapi dengan VDS. Saat ini untuk pertama kalinya, VDS sudah mulai diterima oleh pelanggan di sektor pertambangan batu bara di Kalimantan.

 

Editor: Antonius
Foto: Anton



Related Articles

Sponsors

 

 

logo-chinatrucks300 327pix