Volvo Trucks Lakukan Recall Akibat Sistem Kemudi Bermasalah

27 / 03 / 2016 - in Berita

Departemen Transportasi atau DoT (Department of Transportation) Amerika Serikat (AS) mengumumkan bahwa terdapat cacat produksi pada truk Volvo yang belum diperbaiki oleh pihak pabrikan, dan atas masalah ini DoT meminta dilakukan safety recall dari operasional di jalan raya.

Pihak federasi keselamatan kendaraan angkutan atau Federal Motor Carrier Safety Administration (FMCSA) AS mengeluarkan pernyataan bahwa, masalah pada sistem kemudi ini teridentifikasi terdapat di hampir 20 ribu kendaraan Volvo dengan model VNL, VNX, dan VNM yang diproduksi sejak 11 Mei 2015 hingga 8 Maret 2016.

Volvo telah mengeluarkan recall sejak 10 Maret lalu dan berdampak ke hampir 20 ribu truk produksinya tadi (model VNL, VNX, VNM), dan hampir 16 ribu unit truk dengan model tersebut berada di AS.

Surat recall yang diterbitkan Volvo mengatakan jika roll pin hilang maka akan menyebabkan poros kemudi menjadi lebih rendah, dan kondisi tersebut dapat memutuskan sambungan dari blok persimpangan (junction block). Selain itu, Volvo mengatakan jika baut yang menghubungkan poros kemudi bagian atas ke poros kemudi lebih rendah, maka tidak mungkin dapat dikencangkan dengan baik. Kondisi ini dapat menyebabkan poros kemudi terlepas dan mengakibatkan hilangnya kontrol kemudi sehingga dapat menyebabkan kecelakaan.

Teks & Foto : Antonius S



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix