Volvo Trucks Edukasi Pengemudinya Demi Tingkatkan Safety Pengguna Jalan

05 / 07 / 2017 - in Berita

Volvo Trucks semakin concern terhadap keselamatan para pengguna jalan di jalan raya. Mengacu pada safety report Truk Volvo 2017 berdasarkan penyelidikan kecelakaan yang melibatkan truk dan data dari berbagai otoritas nasional dan Eropa, menyimpulkan bahwa ada kebutuhan yang lebih besar untuk fokus pada pengurangan risiko yang rentan bagi pengguna jalan seperti pejalan kaki, pesepeda, dan pengendara sepeda motor.

“Dalam Laporan Keselamatan Truk Volvo 2017, kami menganalisis dan menjelaskan mengapa kecelakaan yang melibatkan truk terjadi, bagaimana hal itu terjadi, dan apa yang harus dilakukan untuk mengurangi risiko kecelakaan dan konsekuensinya. Ini adalah fakta yang tidak hanya penting untuk pengembangan produk kita sendiri, tetapi juga untuk semua orang yang bekerja di lingkungan lalu lintas yang lebih aman,” kata Peter Wells, Head of Volvo’s Accident Research Team (ART).

ART telah menyelidiki dan menganalisis kecelakaan di jalan yang melibatkan truk sejak tahun 1969. Selama hampir 50 tahun, pengalaman dan keahlian ART telah menjadi landasan bagi Volvo Truck untuk terus memperbaiki seluruh fitur untuk pencegahan kecelakaan kendaraan.

Hasil riset ART menyebutkan, sekitar 35% orang yang menderita luka parah atau korban jiwa dalam kecelakaan yang melibatkan truk berat adalah pengguna jalan. Dengan meningkatnya laju urbanisasi yang memicu lebih banyak orang dan kendaraan di jalan, risiko cedera juga akan meningkat kecuali jika tindakan serius segera dilakukan.

Melalui acara Volvo Trucks Safety Experience Day, pabrikan heavy-duty truck asal Swedia ini berupaya memberikan edukasi kepada para pengguna truk Volvo di seluruh dunia terkait pentingnya keselamatan sebagai dasar landasan Volvo Trucks dalam menciptakan sebuah produk.

Pada seminar Volvo Trucks Safety Experience Day yang berlangsung di Gothenborg, Swedia, (4-5/Juli), seluruh peserta diberi pembekalan pengetahuan lebih dalam tentang fitur keselamatan yang ada pada Volvo Trucks, dalam upaya menurunkan angka kecelakaan di jalan raya hingga 0%.

Acara ini terbagi dalam beberapa sesi mulai dari pengalaman mengemudi truk dengan kecelakaan secara simulasi menggunakan EBS (Emergency Breaking System), visi Volvo Trucks dan para ahli untuk safety, serta prioritas keamanan pada produk Volvo Trucks itu sendiri.

 

Editor: Antonius
Foto: Volvo Trucks Indonesia



Related Articles

Sponsors

 

 

logo-chinatrucks300 327pix