Volume Angkutan Kargo Bandara Soetta Naik 29 Persen

16 / 07 / 2021 - in Berita

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengecek pergerakan angkutan logistik/kargo di terminal kargo Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). Pengecekan dilakukan untuk memastikan pergerakan angkutan barang tetap lancar selama masa PPKM Darurat.

“Alhamdulillah di tengah adanya pembatasan mobilitas masyarakat pada masa PPKM Darurat ini, layanan angkutan logistik tetap berjalan lancar,” kata Menhub di Tangerang, Banten, Jumat (16/7).

Budi Karya menjelaskan bahwa pihaknya terus berkomitmen untuk menjaga angkutan barang tetap berjalan lancar meski di tengah pandemi Covid-19. Ia mengatakan bahwa kelancaran angkutan logistik diharapkan dapat menjaga ketersediaan logistik nasional, khususnya kebutuhan dasar dan penting bagi masyarakat.

“Dengan lancarnya pengiriman logistik diharapkan pula dapat mengurangi beban maskapai yang mengalami penurunan angkutan penumpang regular, akibat adanya kebijakan pembatasan mobilitas masyarakat di masa PPKM Darurat yang sudah dimulai sejak 3 Juli 2021,” ujar Budi Karya.

Sementara itu PT Angkasa Pura II (AP II) juga berkomitemn untuk terus menjaga kinerja angkutan kargo di tengah pandemi Covid-19. Berdasar data AP II, total volume angkutan kargo pada semester I-2021 di seluruh bandara yang dikelola AP II mencapai 353.819 ton, atau naik 30,24 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2020. Sedangkan volume angkutan kargo terbanyak pada semester I-2021 tercatat di Bandara Soetta dengan 271.769 ton, atau naik 29,68 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Meningkatnya volume kargo di bandara AP II karena tumbuhnya pengiriman barang yang antara lain didorong dari aktivitas e-commerce. Dalam hal ini yang terpenting adalah kelancaran penanganan kargo di bandara-bandara AP II. Kami melakukan koordinasi erat dengan Kementerian Perhubungan, Otoritas Bandara, dan juga maskapai mengenai kapasitas angkut. Termasuk juga menggunakan pesawat kargo dan layanan di terminal kargo,” kata Muhammad Awaluddin, Direktur Utama AP II.

 

Editor: Antonius
Foto: Dok. TruckMagz



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix