Usulan Pembentukan Badan Logistik Nasional Kembali Mencuat

28 / 11 / 2019 - in News

Supply Chain Indonesia (SCI) menyarankan koordinasi sektor logistik perlu dipegang oleh pejabat eselon I kementerian. Alasannya demi efektifitas koordinasi antar kementerian atau lembaga dan pihak-pihak terkait. Selanjutnya, pemerintah perlu membentuk lembaga logistik permanen dalam bentuk badan logistik nasional dan regulasi yang kuat, agar perencanaan serta implementasi pengembangan sektor logistik lebih efektif.

“Figur yang kuat sangat diperlukan dalam mengembangkan ekosistem logistik nasional 2020 serta agar Indonesia dapat berperan penting dalam ekosistem logistik terintegrasi kawasan menjelang Asean Connectivity 2025,” kata Setijadi, Chairman SCI.

Menurutnya, sektor logistik Indonesia yang multi-stakeholder membutuhkan figur pimpinan dengan kemampuan yang memadai untuk mengkoordinasikan para pihak terkait dari sejumlah kementeria atau lembaga terkait dan badan usaha dari berbagai sektor, hingga pemerintah daerah.

Selain itu, kata Setijadi, juga dibutuhkan figur pemimpin yang mempunyai integritas tinggi, dan harus terbuka menerima pandangan dan pemikiran dari berbagai pihak. Termasuk dari para pelaku usaha serta lembaga penelitian dan pengembangan sektor logistik.

Setijadi menambahkan, pandangan dan pemikiran itu sangat penting sebagai masukan dalam perbaikan dan pengembangan sistem logistik yang sangat dinamis. “Figur tersebut juga harus independen dan tidak terafiliasi dengan pihak-pihak lain, misalnya asosiasi atau lembaga tertentu, yang berpotensi menimbulkan konflik kepentingan,” ujarnya.

Ia mengatakan, dengan kepemimpinan dan koordinasi oleh figur yang tepat ini, sektor logistik Indonesia diharapkan dapat mengejar ketertinggalan melalui program pengembangan logistik yang terintegrasi dengan program pembangunan secara nasional. Program pembangunan logistik sangat diperlukan juga untuk menghadapi berbagai tantangan pada saat ini dan masa depan dalam bentuk digitalisasi, sharing economy, internet of things, cloud logistics, dan blockchain.

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Foto: Dok. TruckMagz



Related Articles

Sponsors

 

 

AFFA-logisticsphotocontest 

logo-chinatrucks300 327pix