Usul Pendapat Aptrindo Jateng & DIY atas Rencana Jalan Tol Brebes-Ajibarang

24 / 06 / 2019 - in News

Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia ( APTRINDO ) Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta berharap pemerintah mau segera menindaklanjuti prakarsa pembangunan jalan tol lintas tengah yang berfungsi sebagai jembatan penghubung antara Brebes di jalur utara dengan Ajibarang di jalur selatan pulau Jawa seperti yang pernah diajukan oleh PT. Jasa Marga Tbk 2016 lalu.

“Daripada sekedar memikirkan rencana pengalihan fly over Kretek Bumiayu yang sering memakan korban kecelakaan lalu lintas, ada baiknya pemerintah lebih serius memikirkan rencana pembangunan jalan tol antara Brebes dan Ajibarang yang pasti akan lebih banyak memberikan multiplier effect terhadap kelancaran arus logistik dan sekaligus memperlancar jalur perdagangan semua jenis komoditas termasuk barang kerajinan UMKM di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta,” tutur Bambang Widjanarko Wakil Ketua Aptrindo Jateng dan DIY.

Bambang menilai sudah waktunya dibangun jalan tol yang menghubungkan kedua kota tersebut, mengingat sekarang ini jalur antara Ajibarang dengan Prupuk sering menjadi pusat kemacetan lalu lintas di Jawa Tengah. “Mungkin karena faktor geografis yang kurang menguntungkan, maka sejak dulu sering terjadi kerusakan jalan dan tanah longsor di sepanjang jalan antara Ajibarang sampai Prupuk yang berjarak 45 Km tersebut. Hal ini sempat viral sebagai tempat wisata jeglongan sewu beberapa tahun lalu. Selain itu memang jalur yang berkontur naik turun dan berkelak kelok itu terlalu sempit dan daya tampungnya sudah tidak memadai lagi,” jelas Bambang.

Ajibarang menjadi kota persimpangan yang sangat vital, karena harus berperan sebagai titik pertemuan semua kendaraan dari jalur lintas utara, jalur lintas selatan dan jalur lintas tengah. Bambang melanjutkan, “Dalam masa-masa liburan, seperti Lebaran, Nataru dan Long Weekend bisa membutuhkan waktu tempuh sampai 5 jam hanya untuk meloloskan diri dari kemacetan luar biasa antara Ajibarang dengan Bumiayu yang hanya berjarak 25 Km, apalagi sejak potensi wisata di Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Cilacap dan Kebumen sering diviralkan di berbagai media sosial akhir-akhir ini,” katanya.

Oleh
BAMBANG WIDJANARKO
Wakil Ketua Aptrindo Jateng & DIY

Editor : Sigit A



Sponsors

 

 

AFFA-logisticsphotocontest 

logo-chinatrucks300 327pix