Truk Mercedes-Benz Menjadi Armada Logistik terbesar di Eropa Timur

01 / 03 / 2016 - in Berita

Girteka Logistics sebagai operator angkutan jalan raya terbesar di wilayah Skandinavia dan persemakmuran negara-negara merdeka di Eropa Timur, Awal Maret ini telah menandatangani order pemesanan untuk 1.000 armada truk Mercedes-Benz Actros.

Perusahaan logistik asal Lithuania ini memutuskan menggunakan armada kendaraan angkutannya dengan truk Actros yang sudah berstandar Euro VI, dan merupakan perjanjian B to B paling fenomenal dalam sejarah industri logistik di benua Eropa.

“Bertepatan dengan ulang tahun kami yang ke-20, kami memutuskan untuk memodernisasi armada kami dengan 1.000 truk baru Mercedes-Benz Actros. Ini merupakan keputusan strategis yang penting bagi kami. Truk Actros terbaru ini kinerjanya meyakinkan didukung peralatan keselamatan dan keandalan,” jelas Mindaugas Raila, Chairman Girteka Logistics.

Truk Actros dari Mercedes-Benz merupakan kendaraan niaga paling efisien di kelasnya. Diklaim memiliki konsumsi bahan bakar rata-rata terpangkas hingga 13 persen lebih irit, sejak diluncurkan perdana pada tahun 2011 lalu. Dibandingkan dengan model terdahulu, pemakaian bahan bakar Actros generasi terbaru ini terbilang lebih rendah mencapai 3 persen dibanding mesin diesel canggih saat ini dan otomatis ikut menurunkan kadar emisi CO2.

Seluruh truk pesanan Girteka Logistics ini akan dibekali perlengkapan terbaru serta menggunakan mesin generasi lanjutan dari OM 471, yang telah dioptimalkan serta menggunakan fitur kontrol powertrain PPC (predictive powertrain control). Sistem bantuan PPC ini dapat membaca medan di depan dengan fitur topografi, dan akan langsung menyesuaikan dengan perubahan gigi transmisi untuk mengoptimalkan pemakaian bahan bakar agar lebih efisiensi. Fitur PPC ini diklaim mampu menurunkan konsumsi bahan bakar hingga 5 persen.

Selain itu, semua unit tractor head pesanan Girteka Logistics dilengkapi ruang kabin pengemudi yang cukup luas bagi sopir berpostur tinggi-besar, dengan dimensi headroom setinggi 199 sentimeter dan kapasitas ruang penyimpanan hingga 890 liter yang membuat ruang gerak pengemudi lebih banyak sehingga membuat nyaman sang sopir.

Dalam rangka meningkatkan efisiensi bahan bakar dari truk barunya ini, Girteka Logistics memutuskan gunakan system tambahan FleetBoard. Sistem telematika ini mampu mengumpulkan semua data berdasarkan pemakaian dan tingkat keausan pada kendaraan. Seperti konsumsi bahan bakar dan pengereman yang sangat terkait dengan gaya mengemudi setiap sopir.

Teks : Antonius S

Sumber foto : Daimler



Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix