Truk Daimler Terkoneksi Internet untuk Menunjang Proses Logistik

22 / 03 / 2016 - in Berita

Setelah 120 tahun sejak penemuan pertama kendaraan komersial, truk Daimler kini dapat terkoneksi melalui internet. Daimler memperkenalkannya pada ajang International Commercial Vehicle Show tahun 2016, sebagai produsen truk terkemuka dunia yang memimpin teknologi berbasis konektivitas dan sistematika dalam perkembangan dunia truk di seluruh dunia.

Sekitar 365.000 truk Daimler di seluruh dunia sudah terkoneksi melalui sistem FleetBoard dan Detroit Connect. Daimler Truk mengkoneksikan cara mengemudi secara sistematis pada kendaraan, dengan melibatkan semua pihak untuk proses logistik dan transportasi.

Menurut keterangan resmi Daimler, pihaknya telah mengembangkan teknologi konektivitas dengan internet ini sejak tahun 2013, sebagai bagian dari strategi perusahaan. Untuk merealisasikan konektivitas berbasis internet ini perusahaan telah mengucurkan dana investasi sekitar setengah miliar Euro, untuk menciptakan layanan baru yang mengedepankan solusi digital dalam lima tahun ke depan ini.

Daimler Truck akhirnya menyajikan contoh pengaplikasian teknologi konektivitas berbasis internet pada truk Daimler bertempat di A52 Autobahn dekat Düsseldorf, Jerman. Dalam pengetesan truk otonom yang digelar Senin (21/Mar) kemarin, setiap truk terhubung dengan tiga WiFi dalam pengetesan di Autobahn, yang telah diotorisasi untuk kondisi lalu lintas umum.

Kombinasi pengendaraan menggunakan koneksi WiFi terbukti dapat mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 7 persen dan untuk kebutuhan di jalan raya hampir mencapai setengahnya, sekaligus untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas pada waktu yang sama.

Berdasarkan sistem yang diterapkan oleh Daimler Trucks dengan jalur percontohan dalam kondisi lalu lintas umum di jalan raya dalam pengetesan truk otonom berukuran besar, konfigurasi tiga truk membentuk area aerodinamis lebih dioptimalkan saat melaju dengan sistem terkoneksi secara otomatis.

Wolfgang Bernhard, anggota Dewan Manajemen Daimler AG yang bertanggung jawab untuk Daimler Truk & Bus menjelaskan, pihaknya menghubungkan truk dengan internet dan membuatnya sebagai pusat data mobile dari jaringan logistik. Kondisi ini, lanjut Wolfgang, dapat menghubungkan semua yang terlibat dalam operasional truk mulai dari pengemudi, penjadwal, operator armada, bengkel, produsen, termasuk perusahaan asuransi atau pihak yang berwenang.

“Semuaa pihak yang terlibat dalam sistem terkoneksi ini dapat menerima informasi secara real time, yang sebelumnya tidak tersedia. Informasi yang diberikan tentang kondisi kendaraan termasuk trailer, lalu lintas dan kondisi cuaca, ketersediaan parkir di rest area jalan tol, tempat istirahat dan banyak lagi,” jelas Wolfgang.

Pihak Daimler Truck mengklaim, truk yang sudah terkoneksi internet ini sepenuhnya terhubung dengan lingkungan mereka, yang akan menjadi bagian dari informasi melalui jaringan internet dan akan terus menerus mengirim dan menerima informasi. Semua orang yang terlibat dalam proses logistik dapat menggunakan data real-time ini sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing.

“Daimler telah meletakkan pondasi untuk revolusi industri ketiga. Di era internet saat ini, semua hal yang berkaitan dengan alat dan mesin akan dilengkapi dengan sensor, yang akan terus-menerus memberikan arus informasi secara real time. Secara fundamental hal ini akan mengubah cara kita dalam mengembangkan bisnis di masa depan. Melalui akses internet, semua hal dapat dijadikan peluang baru,” ungkap Jeremy Rifkin, penulis, sosiolog dan futurolog.

Menurut Wolfgang, di masa depan penggunaan internet dalam proses logistik yang mulai diterapkan Daimler Truck ini akan bermanfaat untuk mengurangi down time ketika bongkar-muat, mengurangi dokumen dan menghindari kemacetan lalu lintas. “Dengan update secara cepat melalui konektivitas internet, pengguna juga dapat mensetting secara otomatis waktu perawatan berkala untuk masuk ke bengkel terdekat. Sehingga tidak ada waktu senggang yang terbuang sia-sia selama operasional kendaraan,” tutupnya.

Teks : Antonius S

Foto : Daimler AG



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix