GIICOMVEC 2020

TruckMagz Bicara Fakta di Balik Rem Blong

06 / 03 / 2020 - in Berita

TruckMagz melalui Indonesia Truckers Club (ITC) Talkbiz turut ambil bagian dalam ajang Gaikindo Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020, Jakarta Convenction Center (JCC). ITC Talkbiz kali ini mengangkat topik Fakta di Balik Rem Blong.

“Kita tahu banyak sekali kasus-kasus kecelakaan truk barang yang disebabkan rem blong. Tema ini menjadi penting untuk diketahui karena ternyata ada hal-hal lain yang sering diabaikan pengemudi dan pengusaha angkutan barang,” kata Ratna Hidayati, Pemimpin Umum TruckMagz saat membuka acara.

Rem Blong

Acara diskusi kali ini menghadirkan tiga pembicara sebagai pakar di bidangnya masing-masing. Diawali oleh Investigator Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan, yang memaparkan temuan kasus dan penyebab kecelakaan rem blong.

Sesi selanjutnya diisi oleh Road Safety Consultant, Eko Reksodipiro yang menjelaskan tentang pengenalan teknis sistem pengereman yang berlaku saat ini berikut mitigasi risikonya. Sesi terakhir membahas tentang pemilihan unit armada yang tepat demi keselamatan, yang dipaparkan oleh Dwi Wahyono selaku Ketua Dewan Pakar Ikatan Penguji Kendaraan Bermotor Indonesia (IPKBI).

Diskusi ini dihadiri sekitar 250 peserta dari beragam latar belakang profesi mulai pengemudi, pengusaha trucking, hingga mahasiswa bidang transportasi. Seluruh peserta menyimak paparan mengenai banyaknya kasus rem blong yang dijelaskan para pembicara.

Seperti kasus rem blong truk tronton bermuatan lebih di jalan layang Kretek, Bumiayu (Brebes, Jawa Tengah) pada 10 Desember 2018 yang menewaskan 13 orang. Termasuk paparan hasil invetigasi kasus tol Cipularang pada 2 September 2019 yang sempat menjadi sorotan publik. Saat itu, truk muatan tanah mengalami rem blong di jalan tol Cipularang, Purwakarta dan menewaskan sembilan orang.

“Pada saat rem blong, mungkin sebagian besar pemahaman kita menganggap karena sopir ugal-ugalan, atau dibilang uji kirnya enggak benar. Bukan itu ternyata, tapi banyak faktor,” kata Wildan.

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Foto: Sigit



Sponsors

 

 

logo-chinatrucks300 327pix