Trucking Online Diprediksi Makin Bersaing 5 Tahun Mendatang

17 / 12 / 2018 - in News

Pada masa mendatang diprediksi penyedia jasa trucking berbasis online semakin diminati seiring dengan model bisnis yang ditawarkan. Beberapa platform bahkan berani membayar lebih awal ke pihak mitra atau pemilik kendaraan, yang sebelumnya harus melewati termin pembayaran dari pemilik barang. Selain itu, para platform logistik tersebut menjanjikan kepastian muatan, termasuk muatan balik yang selama ini utilisasinya rendah.

Menurut Chief Executive Officer On-Truck, Yohannes Rocky, pasar trucking online sejauh ini masih rendah di bawah 5 persen dari jumlah kendaraan niaga yang mencapai 7 juta unit kendaraan. Penyebab masih dominannya trucking konvensional, kata Yohannes Rocky, disebabkan banyak faktor mulai dari geografis hingga model bisnis yang sudah terpola lama. Menurutnya, tidak mudah bagi mereka untuk secara tiba-tiba beralih ke model bisnis baru, terlebih jika hal itu masih dianggap mengancam eksitensi bisnisnya.

“Tapi empat atau lima tahun ke depan sepertinya akan berbeda. Ketika sebuah perusahaan dulunya  offline tersebut sudah dipimpin generasi keduanya, generasi yang terbilang melek teknologi, nantinya mereka tentu sudah melirik pasar marketplace semacam On-Truck atau platform yang lain. Bisa jadi mulai tahun 2020 tren trucking online nantinya akan masif,” kata Yohannes Rocky.

Trucking Online
Yohannes Rocky

Sebagai informasi, On-Truck merupakan layanan trucking online yang telah beroperasi tiga tahun terakhir. Model bisnis yang diterapkan berbasis website dan aplikasi android dengan ketersediaan kendaraan mencapai 50.000 unit. Armada tersebut disuplai dari mitra On-Truck yang kini berjumlah 1000 perusahaan. Jenis kendaraan yang tersedia mulai dari terkecil, yakni pikap hingga terbesar seperti truk trailer.

Konsumen yang dilayani didominasi perorangan atau perusahaan yang membutuhkan jasa angkut hanya untuk jangka pendek atau sekali pakai. On-Truck menerapkan standar tarif pada setiap rutenya dengan besaran tarif ditentukan oleh jarak dan jenis kendaraan yang digunakan. Tarif tersebut berlaku sama bagi mitra atau pun konsumen, sehingga kedua belah pihak tidak perlu lagi melakukan nego tarif.

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Ilustrasi: Hidden Brains UK
Foto: On-Truck



Related Articles

Sponsors

 

 

AFFA-logisticsphotocontest 

logo-chinatrucks300 327pix