Transportasi Intermoda

04 / 02 / 2016 - in News

Transportasi intermoda adalah sistem pengangkutan barang dalam satu unit kendaraan angkut, bisa berupa truk kontainer atau kargo, yang menggunakan dua atau lebih moda transportasi secara kontinyu tanpa mengubah cara penanganan terhadap barang itu sendiri.

Sistem transportasi intermodal ini merupakan teknik penggabungan transportasi secara berkelanjutan dengan beberapa konfigurasi pilihan jalur moda transportasi. Yaitu melalui jalan raya dan rel kereta, rel kereta dan laut, rel kereta dan angkutan perairan, serta jalur rel kereta dan udara.

Sebagai contoh transportasi barang menggunakan intermoda, yaitu metoda pengangkutan menggunakan kontainer, baik diangkut secara langsung termasuk sasis kontainernya atau hanya sebatas kontainernya saja. Kemudian kontainer diantar dan diturunkan di stasiun kereta api terdekat dengan domisili pelanggan, dilanjutkan mengangkut kontainer tersebut ke lokasi tujuan akhir sesuai data pemesanan barang tersebut menggunakan truk container.

Secara umum, transportasi intermoda menggunakan gabungan truk dan kereta api seperti ini sudah menjadi bagian penting dari bisnis logistik di benua Eropa, sebagian lagi andalkan jalur laut dan moda transportasi tahap akhirnya selalu menggunakan armada truk.

Berdasarkan studi tentang cadangan kapasitas infrastruktur untuk transportasi gabungan tahun 2015 di Eropa, segmen pasar yang berkembang di dunia saat ini adalah jenis transportasi gabungan (transportasi intermoda) dengan tingkat pertumbuhan paling cepat dibandingkan jenis bisnis angkutan lainnya. Yaitu 10 persen dari seluruh layanan di Eropa mencakup 80 persen dari total volume angkutan di benua biru tersebut.

Operator kereta api di negara-negara Eropa umumnya menawarkan dua jenis transportasi intermodal, yaitu accompanied transport dan unaccompanied transport. Perbedaannya, untuk sistem accompanied transport seluruh muatan truk diangkut dengan kontainer khusus pada rangkaian kereta api, sementara unaccompanied transport menggunakan metoda pengangkutan kontainer berikut sasis trailer-nya/semi-trailer atau hanya kontainernya saja yang dimuat di atas dek khusus pada rangkaian kereta api.

Teks : Antonius S

Sumber foto  YouTube



Sponsors

 

 

AFFA-logisticsphotocontest 

logo-chinatrucks300 327pix