Toleransi Overloading di Bawah 50 persen Berlaku untuk Angkutan Ini

14 / 03 / 2019 - in News
Toleransi Overloading

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan toleransi terkait penindakan terhadap truk bermuatan melebihi ketentuan daya angkut yang diizinkan dalam buku KIR (overloading). Hal ini disampaikan melalui surat edaran Direktur Jenderal Perhubungan Darat per Maret 2019 yang ditandatangani oleh Direktur Angkutan Jalan, Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat, Kemenhub, Ahmad Yani.

Toleransi yang dimaksud berlaku khusus untuk kendaraan angkutan barang penting (semen, pupuk, baja) dan truk bermuatan sembako. Sebelumnya, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) NO.74 tahun 2014 tentang Angkutan Jalan, dalam pasal 70 ayat (3) melarang pengemudi meneruskan perjalanan apabila pelanggaran berat muatan melebihi lima persen dari daya angkut kendaraan yang ditetapkan dalam buku uji (KIR).

Kelebihan muatan untuk truk angkutan barang penting (semen, pupuk, baja) masih diberikan toleransi tidak melebihi 40 persen. Kelebihan muatan melebihi atau sama dengan 40 persen akan ditilang. Jika kelebihan muatan lewat dari 100 persen ditilang dan dilakukan pemindahan kelebihan muatan (transfer muatan), atau dilarang meneruskan perjalanan efektif per 1 Agustus 2019. Namun per 1 November 2019, truk angkutan barang penting (semen, pupuk, baja) yang kelebihan muatannya melewati 65 persen akan ditilang dan dilakukan transfer muatan, atau dilarang meneruskan perjalanan.

Sedangkan untuk truk angkutan sembako, batas toleransi kelebihan muatan yang diberikan tidak melebihi 50 persen. Kelebihan muatan melebihi atau sama dengan 50 persen akan ditilang. Muatan lebih dari 100 persen ditilang dan dilakukan transfer muatan, atau dilarang meneruskan perjalanan yang berlaku mulai 1 Agustus 2019. Mulai 1 November 2019, truk angkutan sembako yang kelebihan muatannya melewati 75 persen akan ditilang dan dilakukan transfer muatan, atau dilarang meneruskan perjalanan.

Penerapan sanksi terhadap pelanggaran tersebut menjadi kewenangan Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) atau jembatan timbang. Ditjen Perhubungan Darat, Kemenhub sendiri telah menargetkan akan mengoperasikan sebanyak 92 jembatan timbang pada tahun 2019 .

 

Editor: Antonius
Foto: Giovanni



Related Articles

Sponsors

NEW_327X300_

TRUCKMAGZ_327X300PX-01

logo-chinatrucks300 327pix