Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung Uji Laik Fungsi Sebelum Lebaran

09 / 05 / 2019 - in News
Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung

Pembagunan jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sebagai salah satu jalur utama di jaringan Tol Trans Sumatera, ditargetkan beroperasi pada Juni 2019. Sebelum resmi beroperasi akan dilakukan uji laik fungsi di jalan tol sepanjang 189 kilometer (km) ini.

Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sendiri terbagi menjadi dua seksi, yaitu Seksi I ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang sepanjang 112 km dengan progres konstruksi mencapai 91,24 persen, Seksi II ruas Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 77 km dengan progres konstruksi telah mencapai 95,23 persen.

Pembangunan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung dilakukan sejak Juli 2018 lalu, dengan nilai investasi sebesar Rp 21,95 triliun yang memiliki masa konsesi selama 40 tahun. Jalan tol ini merupakan bagian dari ruas lanjutan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 141 km yang sudah beroperasi sejak Maret 2019 lalu.

Uji laik fungsi dilakukan oleh tiga sub Tim Laik Fungsi yang melakukan pengecekan kualitas konstruksi jalan, agar memenuhi standar keamanan bagi pengguna jalan yang melintas. Selain itu juga dilakukan kelengkapan pengecekan marka jalan serta rambu lalu lintas di sepanjang ruas tol oleh tim evaluasi.

Rencananya, jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung akan dioperasikan secara fungsional untuk arus mudik Lebaran 2019. Pengoperasian jalan tol ini pada saat arus mudik nanti, sedang diusulkan pemberlakuan Contra Flow (satu arah) mulai dari Bakauheni hingga Kayu Agung. Sehingga tiga ruas jalan akan diberlakukan satu arah menuju Palembang pada arus mudik, serta untuk arus balik diterapkan juga satu arah menuju Lampung.

 

Editor: Antonius
Foto: BPJT



Related Articles

Sponsors

NEW_327X300_

NEW_327X300_

web-banner-327x300 truck

logo-chinatrucks300 327pix