Tol Cinere-Serpong Beroperasi Fungsional pada Januari 2021

23 / 10 / 2020 - in Berita

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjanjikan konstruksi 11 ruas jalan tol bakal rampung hingga akhir 2020. Jika seluruh 11 ruas tol tersebut tuntas, dapat menurunkan waktu tempuh rata-rata per 100 kilometer yang berdampak pada penurunan biaya logistik. Saat ini waktu tempuh berada pada kisaran 2,3 – 2,5 jam per 100 kilometer.

Dalam target jangka panjang diharapkan dapat turun menjadi 1,5 jam per 100 kilometer,” tutur Dedy Rahadian, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR dalam siaran pers (22/10). Dari sekian banyak ruas jalan tol yang tuntas konstruksinya November 2020, Tol Cinere-Serpong, Seksi 1 (SS Serpong-SS Pamulang).

Diketahui, jalan tol tersebut dikelola oleh anak usaha PT Jasa Marga Tbk yaitu PT Cinere Serpong Jaya (CSJ). Tol Cinere-Serpong merupakan bagian dari jaringan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II melingkar dari Bandara Soekarno-Hatta Cengkaren ke Cilincing sepanjang 111 kilometer. Tol JORR 2 sendiri terdiri atas enam ruas, yakni Cengkareng-Batuceper-Kunciran sepanjang 14,2 kilometer, Kunciran Serpong 11,1 kilometer dan Serpong-Cinere 10,1 kilometer.

Kemudian, Cinere-Jagorawi 14,7 kilometer, Cimanggis-Cibitung sepanjang 26,5 kilometer, serta Cibitung-Cilincing sepanjang 34 kilometer. Khusus Jalan Tol Cinere-Serpong dirancang sepanjang 10,14 kilometer dan terdiri dari dua Seksi yaitu Seksi 1 Serpong-Pamulang sepanjang 6,59 kilometer dan Seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,55 kilometer.

Seksi 1 Tol Cinere-Serpong sedianya bakal beroperasi fungsional pada Desember dan Seksi II pada Januari 2021 mendatang. Jalan Tol Cinere-Serpong akan melintasi wilayah Serpong (Jombang), Serua, Ciputat Pamulang dan Pondok Cabe/Cinere. Saat beroperasi penuh, Jalan Tol Cinere-Serpong bakal tersambung dengan Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran.

Selain itu, juga akan tersambung dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong yang dikelola PT Jasa Marga Trans Nusantara (MTN). Ketiga ruas jalan tol ini dapat menjadi alternatif bagi pengguna jalan yang hendak ke arah Bandara Soekarno-Hatta arah Pondok Aren-Serpong serta arah Banten/Pelabuhan Merak.

Teks: Abdul

Foto: Kementerian PUPR



Sponsors

 

 

logo-chinatrucks300 327pix