Tol Cimanggis-Cibitung Akan Lengkapi Jaringan JORR-2

13 / 10 / 2020 - in Berita

Pembangunan ruas Tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 26,18 kilometer (km) akan melengkapi struktur jaringan jalan tol di kawasan Jabodetabek, yakni Jakarta Outer Ring Road (JORR) I yang sudah operasional dan JORR-2 yang tengah dalam proses konstruksi.

Tol Cimanggis-Cibitung yang dikelola PT Cimanggis Cibitung Tollways secara keseluruhan memiliki total panjang 26,18 km, dan merupakan bagian dari salah satu akses tol JORR-2.

Jalan Tol ini terdiri dari dua seksi, yaitu Seksi 1a ruas Junction Cimanggis-On/Off Ramp Jatikarya/ransyogi sepanjang 3,17 km, dan Seksi 2 ruas On/Off Ramp Jatikarya-Junction Cibitung sepanjang 23,01 km.

Seksi 1a progres pembangunannya telah mencapai 99 persen dan telah melalui perbaikan-perbaikan setelah dilakukan uji coba Uji Laik Fungsi (ULF) oleh tim evaluasi yang terdiri dari unsur Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Korps Lalu Lintas Polri.

Sedangkan Seksi 2 saat ini progres konstruksinya telah mencapai 73,2 persen, yang konstruksinya ditargetkan selesai pada Maret 2021 mendatang.

Jalan Tol Cimanggis – Cibitung merupakan salah satu akses yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Setelah pembangunan 6 ruas jalan tol yang terintegrasi di dalam akses Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 rampung, harapannya dapat menjadi solusi dalam mengatasi kemacetan di jalan tol JORR 1 yang sudah terbangun.

Kehadiran Jalan Tol Cimanggis – Cibitung memberikan peran penting dalam mendukung jalur logistik menuju ke kawasan industri.

Dukungan jalan Tol ini adalah untuk memperlancar lalu lintas/ memangkas waktu perjalanan, sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi pada aglomerasi megapolitan Jakarta. Ruas Cimanggis-Cibitung dibangun dua arah dan masing-masing arah terdiri dari tiga lajur menggunakan jenis perkerasan beton (rigid pavement).

Tol Cimanggis-Cibitung merupakan bagian dari enam ruas jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II) yang terdiri dari ruas Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,2 km), Kunciran-Serpong (11,4 km), Serpong-Cinere (10,1 km), Cinere-Jagorawi (14,6 km), Cimanggis-Cibitung (25,2 km), dan ruas Cibitung-Cilincing (34 km).

 

Editor: Antonius
Foto: KemenPUPR



Related Articles

Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix