Tips ringan menjaga mesin truk kargo tetap dalam kinerja optimal

29 / 09 / 2015 - in Ask The Expert

Bagi Anda pemilik truk kargo trayek panjang harus memiliki perhitungan matang mengenai management perawatan mesin kendaraan agar performa tetap handal dan uptime mesin panjang. Berikut beberapa tips dari Moch. Kosasih, Workshop Head PT Hino Catur Kokoh Mobil Nasional

1. Dalam menyalakan truk pertama kali, jangan langsung jalan. Biarkan mesin menyala 5 hingga 10 menit.

2. Selau periksa agar tangki BBM tidak pernah kosong.

3. Untuk trayek panjang biasanya mengacu pada buku paduan dari dealer. Karena truk kargo berbeda dengan dump truk. Perhatikan selalu kanpas rem dan ban.     Besihkan filter minimal 20 km sekali. Debu yang menyubat mengganggu keausan sparepart.

4. Perhatikan juga saringan solar, jika ada kebocoran segera periksa sumber kebocoran dan jangan tunda untuk mengganti spare part yang rusak.

5. Periksa juga fungsi rem dan alat keamanan lain yang terinstal dalam truk. Pastikan rutin memeriksa bagian yang berhubungan dengan keselamatan.

6. Muatan harus tetap sesuai kemampuan mesin. Jangan paksa mesin bekerja ekstra membawa muatan berat dengan trayek panjang.

5. Bagian kelistrikan juga penting untuk diperiksa secara rutin.

Beberapa tips diatas mampu menjaga performa kendaraan tetap tinggi. Pemilik kendaraan juga bisa membawa truk ke dealer terdekat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut lagi.

Teks : Sigit A

Foto : Giovanni

Moch. Kosasih Workshop Head PT CKMN

Moch. Kosasih Workshop Head PT CKMN



Sponsors

 

 

AFFA-logisticsphotocontest 

logo-chinatrucks300 327pix