Tips Praktis Menjaga Sistem Kelistrikan Truk

26 / 10 / 2021 - in Tips & Trik
truk bekas

Dari keempat komponen listrik, motor starter, aki, alternator atau mesin, alternator menjadi sumber daya utama truk saat berjalan. Alternator adalah bagian penting dari sistem kelistrikan yang memberikan daya listrik untuk kendaraan. Tanpa itu, dan elemen penting lainnya seperti starter dan aki, kendaraan tidak akan hidup. Jika alternator bermasalah banyak komponen tidak beroperasi dengan benar.

“Dengan memahami cara sistem kelistrikan truk bekerja, bisa mencegah keausan dini pada komponen lain. Sistem kelistrikan motor starter, aki dan alternator berfungsi untuk menghidupkan mesin, dan memberi daya listrik kepada semua perangkat listrik seperti radio, lampu, power window, kunci kontak, wiper kaca depan, AC, dan sebagainya,” jelas Aferi Yusrianto, Kepala Bengkel Duta Unggul Krian.

Motor starter berfungsi mengubah energi listrik menjadi energi mekanik melalui relai dan solenoid starter. Lalu memberikan arus listrik ke flywheel untuk menghidupkan mesin kemudian menghidupkan kendaraan. “Seperti ini cara kerjanya, kunci kontak diputar, dan aki akan mengirimkan arus listrik bertegangan rendah ke relai starter. Relai starter memberi energi pada solenoid, yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Energi mekanik menggerakkan flywheel, kemudian mesin hidup dan starter mati. Masalah yang mungkin terjadi pada stater adalah jika kontak hidup starter tidak langsung aktif. Lalu terdengar bunyi klik saat memutar kunci kontak. Sebab lain, muncul asap mengepul dari rangkaian starter,” jelas Aferi.

Aki dianggap sebagai komponen listrik yang paling penting karena berfungsi untuk menghidupkan kendaraan. “Perangkat ini juga menyimpan energi saat mesin mati, yang memberikan daya listrik untuk perangkat seperti radio, dan kipas angin saat mesin truk hidup dan mati. Indikasi aki mengalami kerusakan adalah mesin susah dihidupkan, indikator lampu aki menyala, tercium bau hangus karena material aki bocor,” jelas Aferi.

Alternator adalah sumber daya utama saat truk berjalan. Saat mesin hidup, alternator inilah yang membuat kendaraan tidak mati. Ciri-ciri alternator bermasalah adalah muncul bunyi gesekan saat mesin hidup, aki mati, mesin seperti kehilangan tenaga dan lampu redup atau berkedip.

Seiring waktu, faktor usia kendaraan, jarak tempuh, dan gaya mengemudi bisa memengaruhi sistem kelistrikan dan membuatnya tidak beroperasi secara normal. “Dengan perawatan rutin, akan mencegah potensi masalah sebelum berubah menjadi masalah besar. Yang terpenting adalah memeriksa dan membersihkan kabel aki, memeriksa colokan dan kabel yang longgar dan memastikan semua lampu mati saat mesin truk mati,” pungkas Aferi.

Editor : Sigit

Foto : truckmagz



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix