Tips Perbaikan Kabel Instalasi Trailer

25 / 10 / 2021 - in Berita, Tips & Trik

Lampu di trailer  tiba-tiba redup atau tidak menyala. Lalu ada bohlam lampu yang terbakar, kabel putus atau kabel ground yang meleleh. Semua itu adalah masalah kelistrikan  yang harus segera diatasi dengan melakukan perbaikan yang tepat.Lampu di trailer  tiba-tiba redup atau tidak menyala. Lalu ada bohlam lampu yang terbakar, kabel putus atau kabel ground yang meleleh. Semua itu adalah masalah kelistrikan  yang harus segera diatasi dengan melakukan perbaikan yang tepat.

Wahyu Subardi, Kepala Mekanik Bengkel Abdi Margo menjelaskan beberapa masalah kelistrikan pada trailer merupakan masalah yang umum, namun masalah kecil jika dibiarkan akan menjadi petaka di masa mendatang. Berikut contoh masalah pengkabelan pada trailer :

  1. Salah satu fungsi sistem lampu trailer tidak berfungsi, seperti lampu rem atau lampu sein kiri.
  2. Semua lampu mendadak tidak menyala .
  3. Lampu bekerja pada tetapi mendadak mati.
  4. Menyalakan satu sinyal sein tapi kedua sein trailer menyala.
  5. Menyalakan lampu depan, tapi lampu trailer mati mendadak.
  6. Satu atau lebih lampu trailer menyala, dengan kondisi kunci kontak dimatikan.
  7. Harness baru berfungsi setelah trailer tersambung.
  8. Lampu mundur trailer tidak menyala.

“Hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa kendaraan dan trailer secara terpisah untuk mengetahui masalah sebenarnya. Mekanik  harus menentukan apakah ada masalah dengan kendaraan atau trailer dengan menganalisis sistem pengkabelan. Jika memeriksa dalam keadaan truk dan trailer terpasang,  tidak akan tahu dari mana sumber masalahnya,” sebut Bardi.

1. Pemeriksaan yang tepat untuk steker 4 pin, gunakan tester sirkuit 12v untuk memeriksa lampu kendaraan. “Mintalah bantuan mekanik lain untuk membantu menyalakan lampu yang berbeda sehingga dapat mengamati kondisi lampu dari belakang. Tetapi sebelumnya, lepaskan dulu sekring selama beberapa menit, lalu pasang kembali. Jika ada lampu yang tidak menyala, periksa kabel yang masuk ke kotak sekring. Jika pengkabelan lampu sudah benar,  lanjutkan pemeriksaan sistem pengkabelan trailer,” tambah Bardi.

2. Cek dan ricek koneksi sambungan kabel. Untuk pemasangan kabel, pastikan bahwa setiap kabel terhubung dengan tepat. Warna kabel dan sambungannya harus sesuai dengan fungsinya. Jika kendaraan  menggabungkan lampu rem dan lampu sein, kabel rem  akan di-arde dengan warna putih. Kabel listrik 12v harus terhubung ke terminal positif aki , dan jika trailer  memiliki kabel harness 5 pin, pastikan kabel kelima truk terhubung ke terminal.

3. Periksa sambungan ground Periksa area ground dari korosi. Bersihkan area dari karat atau mengganti sekrup arde yang berkarat.  Jika  menggunakan sekrup arde ori, pastikan ring tambahan tidak ditumpuk di bawah ground. Jika terjadi penumpukan, pindahkan ground untuk harness ke lokasi lain. Terakhir, lepaskan kabel ground dan pasang ke kabel yang terhubung ke terminal negatif aki.

4. Mencari sambungan yang overload. Kelebihan beban terjadi ketika rangkaian mengalami lebih banyak aliran listrik, yang dapat menyebabkan panas berlebih dan akhirnya meleleh. Periksa besaran arus listrik maksimum dari harness, dan bandingkan dengan pemakaian lampu trailer . “Trailer  mungkin mengalami kongsleting karena ada pengaturan ulang kabel. Jika lampu trailer memerlukan lebih banyak arus listrik daripada kapasitas harness, lepaskan lampu dulu dan sambungan trailer. Jika harness berfungsi tanpa bohlam, ini menunjukkan terjadi arus berlebih dari jumlah lampu di trailer. Sebaiknya  ganti dengan LED untuk menghemat daya listrik,” pungkas Bardi.

Editor : Sigit



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix