Tips menjaga keamanan saat intalasi concrete pump

12 / 01 / 2016 - in Tips & Trik

Saat instalasi concrete pump di lokasi proyek perlu memperhatikan manajemen resiko. Daerah tempat truk berhenti harus mampu menahan beban kendaraan dan bebas dari halangan seperti pohon tinggi dan kabel listrik. Perhitungan tekanan harus diperhitungkan oleh operator. Selain itu Hendro Prasetyo, Senior Regional Sales East Java – Bali – Nusra PT Jimac Perkasa berpesan perhatikan beberapa hal berikut :

a) Daerah instalasi concrete pump harus bebas dari area jatuhnya puing-puing bahan bangunan, yang tentu harus area yang aman untuk pekerja.

b) Parkir kendaraan di area yang stabil dan padat serta mampu menjaga kondisi truk berat. Jika instalasi saat musim hujan perhatikan permukaan tanah karena kondisi licin bisa sangat berbahaya.

c) Pasang rambu khusus agar tidak ada pekerja yang berada di sekitar truk saat truk bekerja.

Sebagaimana truk yang memiliki beban berat yang besar, ini tentu dapat mempengaruhi stabilitas tanah yang bisa mengganggu proses kerja. Untuk itu pastikan beberapa hal berikut sudah dilakukan sebelum truk sampai dilokasi:

1. Periksa apakah ada lubang atau parit dibawah kendaraan yang nantinya berhenti

2. Periksa juga apakah didalam tanah ada ruang bawah tanah.

3. Area truk berhenti bukan tanah lunak yang dipadatkan

4. Jika tanah dilokasi tidak memiliki syarat aman dan keselamatan kerja, operator harus segera merujuk kontraktor utama  re-lokasi ke lokasi yang lebih stabil.

5. Pastikan kaki-kaki penyangga diperiksa secara kontinyu  untuk memastikan stabilitas. Posisi kaki-kaki penyangga harus kesemua menyentuh tanah yang yang     stabil

6. Pastikan kaki -kaki penyangga harus sepenuhnya diperpanjang untuk menjaga keseimbangan truk.



Sponsors

 

 

logo-chinatrucks300 327pix