Tips Memilih Truk Mixer Sesuai Kebutuhan

30 / 09 / 2015 - in Tips & Trik

Truk mixer merupakan alat angkut yang sangat berguna dalam proses pembangunan. Truk ini membawa campuran beton dari batching plant ke lokasi pembangunan. Perlu pertimbangan bijaksana sebelum memutuskan membeli truk mixer. Hendro Prasetyo, Sales Supervisor PT Jimac Perkasa Surabaya menyarankan untuk memperhatikan kebutuhan sebelum menginvestasikan untuk truk mixer. Karena salah kalkulasi perhitungan, layanan terhadap klien bisa bermasalah.

1. Volume besar

Volume drum yang besar memiliki kelemahan: harga yang lebih mahal daripada ukuran yang kecil. Sehingga ini mempengaruhi biaya pengadaan. Volume yang lebih besar memiliki gravitasi yang lebih tinggi tentu akan berpengaruh pada koefisien keselamatan. “Oleh karena itu, pemilihan volume drum harus mempertimbangkan kondisi kerja, manfaat ekonomi, kinerja dan keamanan.

2. Kondisi jalan.

Kondisi jalan yang akan dilewati truk mixer berpengaruh pada spesifikasi truk. Jika merujuk pada jalan khusunya jalan yang tidak bagus seperti banyak cekungan, tentu ini membutuhkan spek truk yang khusus medan offroad. Aplikasi mixer pada spek truk yang salah bisa meningkatkan biaya perawatan kendaraan.

3. Spesifikasi kendaraan yang tepat

Klien harus bisa menempatkan kebutuhan pada kekuatan mesin, sasis, torsi, konsumsi bahan bakar, ban, standar emisi, suku cadang dan after sales serta service center. Kini sudah ada truk berbahan bakar gas. BBM adalah sumber daya alam yang kita semua tahu tidak terbarukan, sedangkan CNG dan LNG memiliki fitur keselamatan, ramah lingkungan, memperpanjang siklus pemeliharaan mesin, hemat biaya bahan bakar dan biaya transportasi yang lebih rendah.

4. Pemilihan ban.

Ban memiliki tugas berat karena pasti truk mixer melewati daerah konstruksi. Analisa lebih mendalam bisa didasarkan pada dua jenis ban, ban bias dan ban      radial.

5. Kinerja drum.

Drum dan bilah pisau didalamnya bisa langsung memberikan gambaran bagaimana  kinerja drum mixing. Posisi pencampuran beton harus sempurna dan merata. Ini sangat menentukan kualitas beton yang nanti dibawa ke klien. Debit beton dalam drum harus sesuai dengan kemampuan motor PTO.

Teks : Sigit A

Foto : hdimagegalerry.net



Sponsors

 

 

logo-chinatrucks300 327pix