Tips Memilih Perangkat GPS yang Tepat

04 / 09 / 2021 - in Tips & Trik

Perangkat GPS adalah gabungan hardware dan software untuk melacak posisi kendaraan. Dalam pengembanganya perangkat ini bisa merekam kebiasaan mengemudi, melaporkan status masalah pada kendaraan dan memberikan laporan ketika ada insiden atau peristiwa yang terjadi dalam rute perjalanan yang ditempuh.

Mariyono Hamid Marketing Supervisor GPS SuperSpring Surabaya membantu memberikan arahan kepada perusahaan transportasi dan logistik bagaimana menentukan perangkat GPS yang tepat sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Berikut beberapa acuan.

Fungsi Perangkat GPS

Software GPS adalah asisten virtual dari perjalanan yang sedang ditempuh. Ini seperti halnya menyewa seseorang untuk duduk di kursi penumpang dan memantau kendaraan dan pengemudi di jalan. Perangkat GPS ini memungkinkan operator di kantor mengawasi segala sesuatu di mana pun pengemudi berada. Sedangkan, fungsi lain perangkat GPS untuk bisnis adalah memastikan kendaraan beroperasi secara efisien, pengemudi menjadi personal yang bertanggung jawab dan aman di jalan,” kata Hamid.

Perangkat GPS mencakup hardware dan software. Jenis hardware yang dibutuhkan kendaraan akan bervariasi berdasarkan rencana yang akan pilih. Beberapa perusahaan GPS menawarkan perangkat plug-and-play yang mudah dan berukuran minim. Perangkat bisa langsung terhubung dengan engine control module (ECM) kendaraan. Jenis lainnya, memerlukan instalasi rumit sehingga kadang perlu memasang berbagai sensor di beberapa titik kendaraan.

“Untuk perusahaan yang tidak menginginkan perangkat GPS yang terlalu kompleks. Instalasi biasanya dapat dilakukan sendiri. Secara sederhana informasi dari perangkat GPS diteruskan ke software yang langsung dikirimkan ke pusat data. Penerima data di kantor akan menerima informasi secara real-time,” kata Hamid.

Software

Seperti sistem GPS pada smartphone, software GPS pada kendaraan juga dapat menunjukkan lokasi kendaraan, mengatur rute, dan memberikan arah ke tujuan yang diinginkan. Perangkat ini juga mampu memberikan informasi tentang diagnostik kendaraan dan cara berkendara yang aman. “Banyak hardware dilengkapi dengan akselerometer dan sensor lainnya. Jadi jika pengemudi mengerem atau mempercepat kendaraan, semua akan didokumentasikan. Ada layanan GPS yang juga memungkinkan melacak waktu idle pengemudi. Jelas sekali ini merupakan informasi penting untuk meningkatkan efisiensi BBM. Fitur software GPS saat ini sudah berkembang jauh, hingga bisa memantau kondisi kendaran, memahami kebiasaan pengemudi di jalan dan melacak efisiensi bahan bakar,” ungkapnya.

Memilih Software GPS

Untuk memilih sistem pelacakan yang tepat, pertama-tama pastikan memiliki fitur-fitur yang dibutuhkan oleh perusahaan. Sebagian besar sistemnya menawarkan berbagai fitur standar seperti integrasi dengan tangki BBM, memantau keamanan berkendara, opsi komunikasi dan navigasi, laporan data untuk klien dan jika ada fitur lain di luar standar pasti ada tambahan biaya.

Fitur lain yang mungkin ada di perangkat GPS sebagi berikut.

  1. Update Penting

Jika ada sesuatu hal yang tidak biasa terjadi pada kendaraan atau pengemudi di jalan, muncul pemberitahuan yang dikirim melalui SMS dan email. Operator juga bisa mengatur peringatan untuk kejadian tertentu, seperti jika pengemudi keluar rute atau kebiasaan mengemudi yang ugal-ugalan.

  1. Kemudahan Penggunaan

Ada beberapa aplikasi GPS yang rumit, tapi masih banyak perangkat GPS dengan tampilan sederhana yang tidak memerlukan keterampilan teknis. Banyak juga vendor menyediakan akun demo pribadi atau virtual, jadi sebaiknya mencoba dulu sebelum membeli.

  1. Akses Seluler

“Tidak semua aplikasi GPS bisa digunakan seperti perangkat ponsel. Jika benar ada fitur yang canggih pastikan itu berbasis cloud atau periksa apakah aplikasi tersebut sesuai dengan keinginan perusahaan,” tambahnya.

  1. Bantuan Pelanggan

Cari vendor yang memungkinkan perusahaan bisa menghubungi perwakilan untuk produknya kapan saja memerlukan bantuan, apakah itu telepon atau kunjungan. Aplikasi GPS yang dipilih harus sesuai dengan anggaran perusahaan, jangan memilih perangkat GPS hanya berdasarkan harga. Pilih solusi yang paling membantu bisnis serta mampu menekan biaya dalam melacak keberadaan kendaraan.

Pertimbangan Modal dan Biaya Operasional

Biaya modal biasanya merupakan biaya di awal yang harus dibayarkan pada saat memesan atau membeli perangkat. Untuk solusi manajemen GPS, biaya modal dapat mencakup hal-hal berikut.

  • Hardware di dalam kendaraan, yaitu perangkat yang menghimpun data lokasi dan mengirimkannya ke pusat data.
  • Koneksi tanpa kabel.
  • Perangkat di pusat data, yaitu server yang meng-hosting dan memproses informasi yang berasal dari perangkat di dalam kendaraan.
  • Perusahaan dan software pendukung adalah software yang menerjemahkan data ke dalam laporan, peta, dan jadwal yang mudah dibaca dalam mengelola operasional.
  • Laporan khusus, yaitu tambahan laporan yang diperlukan atau disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.
  • Integrasi kustom adalah fungsi tambahan yang diinginkan pelanggan ada pada perangkat GPS.
  • Aplikasi di komputer perusahaan.

“Biasanya jumlah pengeluaran modal bisa terlihat besar, tetapi beberapa layanan manajemen GPS menawarkan program pembayaran bulanan untuk hardware dan software. Ini seperti halnya konsep pinjam pakai. Kecuali jika ada laporan atau integrasi khusus diperlukan. Paket penjualan ini yang biasanya hanya berlaku untuk bisnis yang sangat khusus atau besar,” terang Hamid.

Biaya Operasional

Biaya operasional adalah biaya jangka panjang yang dibayarkan sebagai bagian dari biaya berkelanjutan menjalankan perangkat GPS. Biaya operasional dapat mencakup:

  • Biaya servis rutin, yaitu biaya berlangganan selama periode penggunaan.
  • Pembiayaan muncul jika ada hardware dan layanan mengalami kerusakan. Ini bisa menjadi pengeluaran di luar biaya modal di awal.
  • Penyedia software on-demand, yaitu penyampaian data sehingga bisa mudah dibaca oleh operasional. Metode penyampaian data sekarang ini sudah bekerja sama dengan penyedia hosting. Pelanggan tidak lagi dikenakan biaya di awal saat membeli dan memasang software atau membeli hardware. Pelanggan cukup masuk ke software melalui internet menggunakan sistem komputer.
  • Penyimpanan data diperlukan untuk perusahaan yang memiliki armada banyak, yang harus disimpan lebih lama dari periode standar 90 hari. Karena biaya operasional dikenakan ke dalam anggaran perusahaan yang sedang berjalan, keputusan pembelian apa pun perlu dievaluasi.

Jenis Perangkat GPS

Berdasarkan solusi yang ditawarkan, di pasaran ada dua jenis perangkat GPS, yakni All-In GPS Tracker dan handset berbasis GPS. Penting sekali untuk memastikan mana kebutuhan untuk mempermudah operasional perusahaan.

All-In GPS Tracker

Keuntungan

  • Terbukti kuat

Perangkat ini tertanam secara utuh di kendaraan. Biasanya pabrikan truk menawarkan jenis GPS ini pada pembelian truk. Perangkat ini tidak mudah dilepas atau dimanipulasi.

  • Selalu merekam data

Perangkat selalu aktif setiap kali kendaraan hidup dan melaporkan pesan status harian bahkan saat mesin kendaraan mati.

  • Tangguh

Perangkat diproduksi agar mampu menahan guncangan, getaran, suhu tinggi atau rendah serta kondisi lain dari lingkungan kerja yang ekstrim.

  • Informasi selalu update

Menggunakan sistem komputer onboard fungsinya tidak hanya mengumpulkan data, tetapi menyimpan dan memprosesnya sebelum mentransmisikannya secara nirkabel ke pusat data.

  • Kemampuan diagnostik kendaraan

Perangkat bisa langsung mengambil informasi langsung dari mesin menggunakan koneksi diagnostik. Informasi kondisi mesin membantu perusahaan mengelola pengemudi. Fitur yang umum adalah pemantauan kondisi kendaraan untuk menginfromasikan maintenance rutin sebelum terjadi kerusakan.

  • Manajemen kendaraan jarak jauh

Kendaraan dapat dikelola dari jarak jauh bahkan tanpa sepengetahuan pengemudi

  • Penerimaan sinyal yang kuat

Antena berkualitas tinggi yang dipasang bersama dengan hardware di dalam kendaraan dapat memberikan sinyal yang lebih kuat dan konsisten daripada perangkat berbasis handset.

Kekurangan

  • Instalasi

Perangkat harus dipasang di dalam kendaraan dan dihubungkan dengan sensor-sensor pada mesin.

  • Biaya

Perangkat jenis ini lebih mahal daripada handset berbasis GPS.

GPS Berbasis Handset

Perangkat ini biasanya menggunakan semacam ponsel yang dilengkapi GPS untuk mekanisme pengumpulan data GPS dan tambahan software untuk mengirimkannya data ke pusat data.

Keuntungan

  • Biaya awal yang murah
    Ponsel berbasis GPS umumnya lebih murah karena lebih simpel.
  • Mudah dalam instalasi

Bentuknya ringkas sehingga tidak perlu dipasang di ruang mesin atau dihubungkan dengan sensor ECM.

  • Fitus pesan dan komunikasi

Karena mirip dengan ponsel sehingga bisa menerima dan mengirim pesan atau komunikasi lain.

Kelemahan

  • Tidak fleksibel

Kurang sesuai untuk area pekerjaan berat seperti pertambangan dan kerja 24 jam nonstop karena bisa terkena paparan kotoran, pasir atau air. Perangkat juga mungkin jatuh dan perlu penggantian berkala seharga satu perangkat baru

  • Masalah pengiriman data

Ketika handset kehabisan daya baterai atau dimatikan, perangkat tidak lagi bisa mengirimkan data.

  • Mudah dimanipulasi

Pengemudi dapat dengan mudah memanipulasi pelacakan GPS dengan mematikan, menukar atau meninggalkannya di lokasi lain saat pergi ke lokasi yang berbeda.

  • Tidak awet

Teknologi ponsel sering berubah sehingga update kadang lebih sering daripada All-In GPS Tracker.

Kekurangan Menggunakan Perangkat GPS

Memasang perangkat GPS bisa saja mendapat penolakan dari pengemudi. “Pengemudi mungkin tidak ingin dipantau dan diawasi. Ini seperti halnya perusahaan tidak mempercayai pengemudinya sendiri. Sebaiknya divisi manajemen mempertimbangkan bagaimana cara menginformasikan kepada pengemudi bahwa akan menerapkan pelacakan GPS pada kendaraan. Untuk memulainya, berbicara dengan pengemudi lalu menjelaskan secara logika di balik keputusan serta menyampaikan informasi yang transparan tentang apa yang bisa dilakukan perangkat GPS. Sehingga pengemudi bisa menjadi jelas tentang apa yang dipantau dan bagaimana caranya,” jelas Hamid.

Editor : Sigit

 



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix