Tips Kaca Depan Bersih dan Bebas Retak

19 / 10 / 2021 - in Tips & Trik

Kaca depan memainkan peran vital dalam menjaga keselamatan pengemudi. Pertama, kaca depan dan kaca jendela samping memungkinkan pengemudi memiliki visibilitas yang baik di jalan. Kaca depan yang dirawat dengan baik membantu menghindari bahaya dan ancaman di jalan. Untuk visibilitas yang baik, sangat penting untuk menjaga kondisi kaca depan yang bersih tanpa retak.

Berikut beberapa tips merawat kaca depan dari Armano Dzaka Syarif, Asisten Supervisor PT Kemasan Nusa Marga :

1. Menghindari penyebab kaca retak
Pada kondisi panas tinggi, kaca mengembang. Jika kaca memanas atau mendingin dengan temperature yang ekstrem, kaca bisa saja pecah karena tekanan atau kontraksi yang terlalu cepat.” Apalagi pada kaca depan terdapat retakan kecil. Ini menjadi lebih berisiko di bawah perubahan suhu yang ekstrem. JIka di kabin truk menggunakan AC, jangan mendinginkan interior terlalu cepat dengan segera menyalakan AC di dalam kabin. Turunkan jendela, biarkan pintu tetap terbuka, dan biarkan udara bersirkulasi di dalam kendaraan sebelum duduk,” kata Armano.
“Nyalakan AC pada pengaturan rendah agar permukaan interior kaca depan bisa menyesuaikan diri dengan suhu yang lebih rendah di dalam kabin. Banyak pengemudi percaya bahwa menempatkan tirai reflektif di bawah dasbor dengan harapan panas bisa terpantulkan. Namun, sebenarnya tirai dasbor dapat meningkatkan suhu kaca depan dan membuat material lebih rentan retak,” pesan Armano.

Cara lain untuk menghindari retak pada kaca depan adalah dengan tidak pernah menuangkan air ke kaca saat kaca depan terpapar panas di bawah sinar matahari. Jika ingin mencuci kendaraan, parkir terlebih dahulu di tempat teduh. Setelah kaca depan mendingin baru proses pencucian bisa dilakukan

2. Menjaga kondisi wiper
Wiper kaca depan membantu pengemudi melihat kondisi depan kendaraan dengan lebih jelas saat hujan. Kaca depan yang bersih dari debu dan kotoran halus, memberikan sudut pandang terbaik dari kabin ke jalan
“Lumpur kering dan debu yang mengeras, seiring waktu akan menurunkan kualitas wiper. Gunakan cairan khusus pembersih wiper secara rutin untuk membasahi dan membersihkan kaca depan dan blade wiper,” tambah Armano.

Periksa blade secara berkala khususnya pada musim panas untuk memastikan sirip blade menyentuh kaca dan lurus. Jika blade kehilangan kekakuannya atau terlihat celah lebar, segera ganti dengan yang baru. Dudukan blade umumnya logam bisa menggores kaca jika karet blade sudah kadaluarsa.

3. Menjaga kondisi kaca depan
Saat berkendara, jaga jarak aman antar kendaraan. Menjauh dari dump truk atau kendaraan bermuatan bahan galian lain. Kerikil dan pasir halus bisa merusak kaca depan, bahkan kerikil bisa terlempar dari ban dobel truk yang ada di depan.

“Perhatikan kondisi jalan dengan menghindari jalan berlubang atau bergelembong. Jika terpaksa melewati lubang, usahakan dengan kecepatan rendah karena getaran bisa menyebabkan kaca depan longgar atau retak. Lalu, parkirlah di tempat terlindung atau jauh dari area yang menyebabkan masalah pada kaca,” pungkas Armano.

Editor : Sigit

 



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix