Tingkatkan Keselamatan Berkendara di Jalan Tol, Hutama Karya Gelar Razia Truk ODOL

22 / 10 / 2020 - in Berita

Bertambahnya ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang dioperasikan oleh PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya), menjadi landasan bagi perusahaan sebagai salah satu Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk melanjutkan kampanye peningkatan kesadaran keselamatan berkendara di jalan tol dengan tajuk “Selamat Sampai Tujuan” atau SETUJU, yang sebelumnya telah diluncurkan pada bulan Desember tahun 2019 lalu.

Direktur Operasi I Hutama Karya, Suroto menyampaikan bahwa sebagai pelopor kampanye, Hutama Karya terus menggalakkan pesan SETUJU dalam segala aspek baik di jalan tol yang telah operasional maupun yang baru beroperasi. “Dalam kampanye SETUJU, sedikitnya ada 5 (lima) pesan yang terkandung didalamnya, yaitu SETUJU bahwa keselamatan adalah nomor satu, SETUJU untuk turunkan fatalitas kecelakaan di jalan tol, SETUJU untuk tertib kecepatan berkendara di jalan tol, SETUJU untuk tertib berkendara di jalan tol, dan SETUJU untuk tertib tidak membawa muatan melebihi batas atau Over Dimensi dan Over Load (ODOL).” pungkasnya.

Lebih lanjut, Suroto menambahkan bahwa khusus untuk razia kendaraan ODOL, secara rutin dilakukan perusahaan di seluruh ruas tol yang dikelolanya minimal 2 (dua) kali dalam sebulan dan bekerjasama dengan berbagai pihak, mulai dari Patroli Jalan Raya (PJR), Korlantas maupun Dinas Perhubungan (Dishub) setempat. “Kami rutin lakukan baik di JTTS maupun di Tol JORR-S dan ATP di Pulau Jawa. Mengingat bahwa ruas-ruas tol yang kami kelola memiliki karakteristik jalan yang panjang dan menjadi arus distribusi logistik, sehingga pasti sering dilewati oleh kendaraan bermuatan besar. Kami ingin memastikan bahwa kendaraan yang mengangkut muatan tidak melebihi kapasitas yang seharusnya,” imbuh Suroto

Razia ODOL dilakukan secara acak dan bergiliran baik dari sisi lokasi maupun waktu. Baru – baru ini, Hutama Karya melakukan razia kendaraan ODOL di ruas tol yang baru saja diresmikan dan dioperasikan yakni ruas tol Pekanbaru – Dumai pada Selasa (5/10) sampai dengan hari Kamis (8/10) lalu dengan menggandeng Patroli Jalan Raya (PJR), Polisi Militer Angkatan Darat, Polisi Militer Angkatan Laut, Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) dan Dinas Perhubungan Provinsi Riau.

Tidak hanya itu, di Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar (Bakter) juga baru saja dilakukan razia penindakan kendaraan ODOL bagi pengendara yang akan masuk Gerbang Tol Kota Baru, pada hari Sabtu (17/10). Berbeda dengan jalan tol lainnya, Jalan Tol Bakter ini dilakukan razia penindakan kendaraan ODOL dengan menggunakan alat Weight In Motion (WIM). “Karena Tok Bakter merupakan pintu awal masuk Jalan Tol Trans Sumatera, telah kami pasangkan WIM untuk mendukung penindakan ODOL. WIM merupakan alat timbang kendaraan yang akan masuk ke jalan tol dimana kendaraan tersebut tidak perlu berhenti untuk ditimbang, namun cukup melewati timbangan WIM dengan kecepatan rendah. Sistem WIM akan secara otomatis mencatat data berat kendaraan tersebut dengan cepat dan akurat.” terang Suroto.

Editor : Sigit

Foto : Hutama Karya



Sponsors

 

 

logo-chinatrucks300 327pix