Tiga Hal Wajib Diperhatikan saat Proses Loading

21 / 05 / 2020 - in Berita

Planning, routing, dan scheduling merupakan tahapan yang berkesinambungan dalam fleet management atau manajemen armada. Perencanaan muatan merupakan kegiatan paling awal dalam kegiatan operasional fleet management, dengan menerima semua order dari bagian distribusi planning atau team sales atau customer.

Dewan Pakar DPP Aptrindo, Sugi Purnoto dalam materi Kuliah Telegram (Kulgram) Indonesia Truckers Club bertajuk Fleet Management menjelaskan bahwa perencanaan ini bertujuan untuk memastikan semua order yang masuk dari customer bisa direncanakan dengan baik, dan dilakukan pengiriman sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan oleh customer.

Langkah selanjutnya adalah routing atau dispatch. Menurut Sugi, tujuan dari proses ini adalah melakukan eksekusi untuk semua order yang masuk atau order yang diberikan oleh semua customer. Selain itu juga untuk menentukan urutan antrean loading untuk semua driver dan armadanya, dan menentukan urutan atau prioritas droping untuk pengiriman yang meng-cover multidrop atau beberapa outlet dalam satu truk.

Lanjut ke proses pemuatan atau loading process. “Dalam proses loading, hal-hal yang harus diperhatikan adalah driver, kendaraannya, serta waktu loading. Kendaraanya layak nggak? Sesuai nggak dengan standar customer. Apa masih boleh pakai mercy nonong? Atau maksimal 10 tahun seperti Pertamina. Kemudian waktu loading atau booking loading, seperti di tempat saya, saya kasih window time loading-nya dari jam 08.00 – 20.00,” kata Sugi menerangkan.

 

Editor: Antonius
Ilustrasi: Anton



Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix