Tertinggi Dalam 10 Tahun Terakhir, HBA Juli Dipatok USD 115,35 per Ton

06 / 07 / 2021 - in Berita

Harga Batu bara Acuan (HBA) bulan Juli dipatok di level USD 115,35 per ton, naik sebesar USD 15,02 per ton dibandingkan bulan Juni yang berada di level USD 100,33 per ton. HBA saat ini merupakan rekor tertinggi baru dan tercatat sebagai HBA tertinggi sejak November 2011 yang saat itu berada di level USD 116,65 per ton.

Sebelumnya, HBA menembus level USD 100,33 per ton pada Juni lalu. Kenaikan HBA utamanya dipicu dari tingginya tingkat konsumsi di negara-negara Asia Timur.

“Kapasitas pasokan batu bara domestik Tiongkok terus menipis seiring kembalinya geliat aktivitas pembangkit listrik,” kata Agung Pribadi, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM dalam keterangan resminya, Senin (5/7).

Tiongkok sendiri cukup kewalahan memenuhi kebutuhan batubara dalam negeri akibat terjadinya kendala operasional seperti adanya kecelakaan tambang dan perubahan cuaca berupa hujan yang ekstrim.

Selain Tiongkok, kata Agung, Jepang dan Korea Selatan juga menunjukkan grafis kenaikan serupa. “Ini berimbas pada kenaikan harga batubara global,” ujarnya menambahkan.

 

Editor: Antonius
Foto: Dok. TruckMagz

 



Related Articles

Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix