Temuan YKTI Terkait Kecelakaan Tol Cipularang

05 / 09 / 2019 - in News

Yayasan Keselamatan Transportasi Indonesia (YKTI) melihat terjadinya insiden kecelakaan di Tol Cipularang km.91 pada 2 September 2019 lalu dipengaruhi banyak faktor. Dari sisi kelalaian manusia, YKTI menganggap pengemudi truk tidak memahami sistem pengereman kendaraan yang dikemudikannya.

Menurut pengamatan YKTI, pengemudi ketika melewati jalan menurun justru mengunakan posisi transmisi gigi tinggi, dan berakibat pada sistem pengereman yang mengalami panas berlebih (overheat). Kondisi tersebut kemudian berakibat pada kegagalan pengereman atau biasa disebut rem blong.

“Miris sekali tiap kejadian insiden kecelakaan selalu pengemudi yang dijadikan tersangka padahal belum tentu mutlak kesalahan pengemudi. Padahal pengusaha angkutan juga punya tanggung jawa menerapkan sistem manajemen keselamatan sesuai yang tertuang dalam PM 85 tahun 2018,” ucap Eddy Suzendi, Pendiri Yayasan Keselamatan Transportasi Indonesia.

Ia menambahkan, pihak operatol jalan tol pun perlu memperbaiki manajemen lalu lintas dan keselamatan yang mereka miliki. Temuan YKTI, di beberapa ruas jalan termasuk Tol Cipularang masih minim rambu dan penerangan jalan. Sebagai contoh, ketika ada penyempitan jalan akibat pengerjaan proyek atau perbaikan jalan, rambu yang dipasang tidak terlalu menunjang untuk mencegah terjadinya insiden kecelakaan.

“Misal tidak ada tanda atau running text yang memberi tahu pemakai jalan bahwa ada penyempitan jalan. Bisa dibayangkan jika truk sebesar tronton harus maneuver ke lintasan dua dengan kecepatan rendah. Kemudian di belakan lintasan dua dan lintasan tiga ada kendaraan berkecepatan tinggi,” ujarnya.

Seperti diketahui, kecelakaan yang terjadi di Tol Cipularang km.91 arah Bandung ke Jakarta itu melibatkan 21 kendaraan yang menewaskan 8 orang dan 28 luka-luka. Penyebabnya akibat satu unit dump truck bermuatan pasir yang melebihi kapasitas, dengan kecepatan tinggi menabrak puluhan kendaraan di depannya.

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Foto: Antara



Sponsors

AFFA-logisticsphotocontest 

Capture 

web-banner-327x300 truck

logo-chinatrucks300 327pix