Tata Ultra 1518 Mengisi Segmen Light Commercial Vehicle

05 / 03 / 2016 - in Products

Selain perkenalkan 3 varian terbaru truk Tata Signa yang masuk kategori medium duty truck dan heavy duty truck, Tata Motors juga telah merilis model terbaru untuk mengisi range produk di segmen kendaraan niaga menengah dan ringan, pada gelaran Auto Expo-The Motor Show 2016 di India Expo Mart, New Delhi, India, beberapa waktu lalu.

Lini produk Tata Ultra yang diperkenalkan Tata Motors kali ini dirancang dengan desain lebih stylish dan futuristik. Tata Ultra 1518 dikembangkan dengan mengacu pada kombinasi dari parameter kinerja truk kelas dunia, dengan meningkatkan daya tahan dan keandalan sebagai platform dari truk ini.

Fitur pintar juga disematkan pada Tata Ultra yang direkayasa untuk mampu mengingat atau menyimpan memori, melalui aplikasi HVAC dan fitur telematika untuk mengetahui perubahan kebutuhan konsumen dan teknologi yang dibutuhkannya. Product development ini berdasarkan atas respon secara menyeluruh dari seluruh pelanggan maupun pengemudi, sehingga sebuah kendaraan LCV (light commercial vehicle) dapat lebih memahami kebutuhan penggunanya.

Model yang sejatinya telah diperkenalkan sejak 2014 itu kini dikembangkan dengan menggabungkan aspek kenyamanan pengemudi, kapasitas angkut besar, serta keamanan dengan umur pemakaian yang diklaim mampu menekan biaya operasional. Menjadikan Tata Ultra sebagai opsi pilihan baru untuk kendaraan serbaguna untuk berbagai aplikasi.

Mendukung aspek kenyamanan, Tata Ultra dimodali kabin lebih luas dari generasi sebelumnya, posisi tuas persneling menyatu di tengah dasbor, power steering yang telah disempurnakan sepenuhnya, tempat duduk untuk 2 penumpang dewasa plus sopir termasuk alas tidur di belakang jok.

Selain itu setir juga dirancang model adjustable dan dapat diatur jaraknya dengan posisi duduk pengemudi, suspensi mengandalkan model parabolik yang lebih kokoh, serta sistem pengereman menggunakan full air type dengan ABS yang menambah keamanan saat berkendara.

Light commercial vehicle terbaru dari Tata Motors ini memiliki spesifikasi GVW 15,7 ton dan kemampuan angkut (payload) hingga 9,7 ton. Ultra 1518 memboyong mesin 5 liter 4 silinder terbaru dari Tata Motors, dengan power maksimum 180-210 PS serta torsi 590-805 Nm. Dan kabarnya Tata Ultra 1518 juga bakal keluar versi sleeper dalam waktu dekat.

Teks : Antonius S

Sumber foto : Tata Motors Limited



Sponsors

 

 

AFFA-logisticsphotocontest 

logo-chinatrucks300 327pix