Strategi Penanganan ODOL Berbeda Antara Transporter dengan Pemilik Barang

15 / 10 / 2020 - in Berita

Senior Consultant Supply Chain Indonesia (SCI) Sugi Purnoto mengatakan bahwa perusahaan perlu merancang strategi untuk menghadapi implementasi kebijakan over dimension & overload (ODOL). Menurut Sugi, strategi yang dibutuhkan bergantung dari jenis perusahaannya.

“Strategi perusahaan transportasi dan logistik sebagai pemilik atau operator angkutan barang akan berbeda dengan perusahaan pemilik barang, seperti perusahaan manufaktur, distributor, dan retailer,” kata Sugi. Menurutnya, solusi overload secara spesifik berbeda dengan over dimension atau yang gabungan antara overloading dan over dimension.

SCI pun akan memasukkan strategi menghadapi implementasi ODOL sebagai topik khusus dalam e-training & e-certification Transportation Management, yang akan diselenggarakan melalui platform ruanglogistik.id pada 1-28 November 2020.

Sugi yang telah berpengalaman selama 30 tahun dalam bidang transportasi dan logistik akan memfasilitasi program tersebut. Termasuk untuk membahas perancangan strategi hingga penyusunan program dan kegiatan operasional perusahaan dalam menghadapi implementasi zero ODOL.

 

Editor: Antonius
Ilustrasi: Dok. TruckMagz



Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix