Strategi Fighter Menghadapi Hino Ranger sebagai Market Leader

12 / 02 / 2019 - in News
Fighter Menghadapi Hino Ranger

Mitsubishi Fuso selama ini masih menguasai pasar kendaraan komersial Indonesia dengan total market share sebesar45,4 persen sampai dengan 2018. Brand di bawah naungan Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) ini berjaya lewat varian light duty truck (LDT)-nya, Colt Diesel, yang berhasil menguasai pangsa pasar LDT secara total sebanyak 43,9 persen.

Perolehan ini pun memicu PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku authorized distributor dari MFTBC untuk meningkatkan market share di segmen medium duty truck (MDT), dengan menghadirkan Fighter sebagai varian baru kategori MDT dari Mitsubishi Fuso yang telah melegenda di Tanah Air.

Presiden Direktur KTB, Atsushi Kurita mengatakan, target market share secara total pada tahun ini ditetapkan sebesar 50 persen. “Kami akan mencoba mencapai target 20 persen di segmen MDT dengan target total market share 45 persen sampai 50 persen. Market share kami di segmen LDT dengan Colt Diesel adalah 43,9 persen dan  pangsa pasar kami di LDT sudah mencapai 58 persen, mendekati 60 persen,” ujar Kurita-san.

Kurita menegaskan, tidak mudah untuk menembus target 20 persen di segmen MDT. “Terus terang saya katakan bahwa Hino memang sangat kuat karena mereka adalah pemimpin pasar di segmen MDT di Indonesia. Dalam hal ini, kami perlu waktu atau paling tidak secara bertahap kami akan mendorong untuk meningkatkan pangsa pasar kami di segmen ini, supaya bisa mencapai angka tersebut dengan produk baru kami ini,” ungkapnya.

Hino sendiri telah meningkatkan target market share pada tahun ini untuk varian Ranger sebagai market leader di segmen MDT. “Sales growth Hino 43 persen, dari 16.768 unit pada 2017 meningkat 7.133 unit menjadi 23.901 unit pada tahun 2018. Market share Hino juga meningkat empat persen dari 60 persen pada tahun 2017 menjadi 64 persen pada 2018. Ini merupakan rekor terbaru Hino Indonesia dengan penjualan unit hampir mencapai 24 ribu sepanjang tahun 2018. Itu sebabnya kami memasang target market share 65 persen untuk varian Ranger,” ujar Santiko Wardoyo, Sales and Promotion Director PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) selaku agen pemegang merek truk dan bus Hino di Tanah Air.

“Dari target market share 50 persen yang kami tetapkan tahun ini, terus terang untuk kelas MDT agak sulit bagi kami karena tingkat kompetitifnya sangat tinggi di Indonesia. Tetapi kami berusaha yang terbaik dengan melakukan terobosan untuk mencapai target tersebut, salah satunya dengan meluncurkan varian baru Fighter ini,” kata Kurita.

 

Editor: Antonius
Foto: Anton

 



Related Articles

Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix