Startup Logistik Tak Boleh Terjebak Nilai Valuasi

09 / 04 / 2019 - in News
Startup Logistik

Indonesia Logistics Community (ILC) menilai perusahaan teknologi rintisan atau startup di bidang logistik yang tengah muncul saat ini tidak boleh terjebak nilai valuasi. ILC menyarankan mereka seharusnya fokus terhadap solusi bisnis yang ingin ditawarkan ke industri logistik. Seperti mampu menjadi solusi terhadap masalah biaya logistik tinggi, transparansi tarif, konektivitas antar-moda.

Diketahui, valuasi merupakan nilai ekonomi sebuah perusahaan rintisan yang tidak mengukurnya berdasarkan untung-rugi atau aset. Beberapa perusahaan startup pada tahap awal berdiri, umumnya lebih mengejar jumlah pengguna dan transaksi. Guna mendapatkan target pengguna dan transaksi mereka gencar menerapkan promo dan diskon.

“Khusus pemain startup logistics, saya kira belum sampai mengarah kesana sampai.Gencar melakukan promo atau diskon demi mengejar user dan transaksi. Tapi tergantung dari kepentingan dari investor, apakah prioritasnya itu profit and loss? Atau fokusnya adalah mencari nilai valuasi sebesar-besarnya,” ujar Hendra Wijaya, Wakil Ketua Harian ILC.

Meski saat ini belum ada satu pun startup logistik yang dinilai berhasil, Hendra meyakini bahwa ke depannya akan bermunculan perusahaan rintisan baru, mengingat tren pertumbuhan industri e-commerce beberapa tahun terakhir memberi pengaruh munculnya beberapa startup logistik. Apalagi jika di lihat dari peluang bisnisnya, ada beberapa sektor yang masih bisa dimanfaatkan mulai dari first mile delivery, fulfillment, dan last mile delivery.

First mile delivery dan last mile delivery sendiri cakupannya cukup luas dan moda transportasinya juga beragam, mulai dari trucking, melalui kereta, kapal laut atau udara.  Setiap tahun mulai banyak startup yang bermunculan, tidak hanya fokus di trucking. Ada beberapa yang menyasar pergudangan, ekspor dan impor atau kurir. Masing-masing punya core business yang berbeda-beda,” ucapnya.

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Foto: Istimewa



Related Articles

Sponsors

NEW_327X300_

web-banner-327x300 truck

logo-chinatrucks300 327pix