Sosialisasi Ganjil-Genap Resmi Berlaku Hari Ini di Tol Janger dan Jagorawi

16 / 04 / 2018 - in News
Truk Overload

Mulai hari ini hingga 11 Mei 2018, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan mulai melakukan uji coba pengaturan lalu lintas pada dua ruas tol, yakni Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) dan Tol Jakarta-Tangerang (Janger) sebagai bagian dari sosialisasi pembatasan kendaraan pada ruas tol di wilayah Jabodetabek.

Uji coba pada ruas Tol Jagorawi mengacu pada skema ganjil-genap pukul 06.00-09.00 WIB di Ramp On Cibubur 2 arah Jakarta, setiap hari kerja kecuali hari libur nasional. Serta penerapan Lajur Khusus Angkutan Umum (LKAU) dari Bogor-Pasar Rebo untuk arah Jakarta, berlaku pukul 06.00-09.00 WIB setiap hari kerja kecuali hari libur nasional.

Sedangkan uji coba pada ruas Tol Janger juga menerapkan skema ganjil-genap pukul 06.00-09.00 WIB di Ramp On Kunciran 2 dan Tangerang 2 arah Jakarta, setiap hari kerja kecuali hari libur nasional. Kemudian penerapan Lajur Khusus Angkutan Umum (LKAU) dari Tangerang-Kebon Jeruk untuk arah Jakarta, berlaku pukul 06.00-09.00 WIB setiap hari kerja kecuali hari libur nasional.

Pada uji coba pengaturan lalu lintas di ruas Tol Janger juga diberlakukan pembatasan operasional bagi angkutan barang golongan 3, 4, dan 5 untuk tidak melintas di Ramp On Prioritas (Ramp On Cikupa, Bitung 2, Karawaci 2 dan 4, Tangerang 2 dan Kunciran 2) yang ke arah Jakarta, berlaku mulai pukul 06.00-09.00 WIB setiap hari kerja kecuali hari libur nasional.

Kepala BPTJ, Bambang Prihartono mengatakan, berdasarkan hasil survei yang dilakukan BPTJ pada Tol Jakarta-Cikampek khususnya di ruas tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur arah Jakarta yang sudah lebih dulu diterapkan kebijakan ganjil-genap ini, pihaknya berhasil menurunkan visi rasio kendaraan hampir mendekati 0,5. “Itu artinya kecepatan kendaraan meningkat hampir 50 persen, sehingga jarak tempuhnya sekarang menjadi lebih singkat. Dulu dari Bekasi ke Cawang sekitar satu setengah jam, tetapi sekarang bisa ditempuh dalam waktu sekitar 40 menit,” ujarnya di pintu Tol Tangerang 2, Minggu (15/April/2016).

Menurut Bambang, kebijakan ganjil-genap pada ruas Tol Jakarta-Tangerang (Janger) bertujuan untuk berbagi beban supaya pengguna kendaraan tidak pergi bersama di waktu yang bersamaan. “Target kita akan menurunkan visi rasio kendaraan sampai 50 persen di semua ruas tol termasuk jalan non tol yang ada di wilayah Jabodetabek. Sehingga diharapkan kecepatan kendaraan bisa meningkat rata-rata sekitar 50-60 kilometer per jam,” katanya.

Pada pintu Tol Kunciran dan Tangerang 2, kata Bambang, ada sekitar tujuh ribu kendaraan yang melintas setiap hari kerja. “Jika terjadi penurunan rata-rata sampai 50 persen maka jumlah kendaraan yang melintas pada pukul 06.00-09.00 WIB kira-kira menjadi tiga ribu kendaraan,” ujarnya.

Pengaturan lalu lintas pada kedua ruas tol tadi juga ditujukan sebagai persiapan terkait pengamanan untuk kelancaran transportasi saat Asian Games digelar pada Agustus mendatang. “Kita harus mengamankan transportasi untuk perjalanan atlet dari tempat penginapan sampai ke venue-nya. Sebab ada KPI yang ditetapkan oleh panitia yang tidak membolehkan perjalanan lebih dari 30 menit. Oleh karena itu, BPTJ bersama stakeholder terkait lainnya seperti kepolisian dan dinas perhubungan akan mengamankan arus lalu lintas untuk pelaksanaan Asian Games 2018,” kata Bambang.

Sebenarnya kebijakan ganjil-genap ini, kata Bambang, ditujukan agar terjadi perpindahan atau shifting dari penggunaan mobil pribadi ke angkutan massal. Pihak BPTJ telah menyiapkan angkutan massal seperti Trans Jabodetabek Premium di perumahan-perumahan maupun di pusat pertokoan seperti mall, dengan tambahan armada bus masing-masing sebanyak 20 bus di ruas Tol Janger. Bagi pengguna jalan tol yang memang harus menggunakan mobil dan truk dari Tangerang menuju Jakarta bisa memilih jalur alternatif non tol seperti Jalan Raya Daan Mogot, Ciledug Raya, atau bisa melewati akses Tol Karawaci.

 

Editor: Antonius
Foto: Anton



Related Articles

Sponsors

Truckmagz GIF

Media Banner for TruckMagz Indonesia-02

KI-2018-Web-Banner-320x327 (TruckMagz)

1cemat-banner300-80-cn 

logo-chinatrucks300 327pix

FA-CVL-Digital-Banner-300x327-pixel