Sorotan HPPI Soal Blackbox Kendaraan

04 / 01 / 2019 - in News
Blackbox Kendaraan

Himpunan Profesi Pengemudi Indonesia (HPPI) mengharapkan kewajiban sertifikasi pengemudi tidak hanya diperuntukan angkutan barang khusus  semata. Berkaca pada peristiwa kecelakaan truk di Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah beberapa waktu lalu, HPPI menilai sertifikasi pengemudi perlu diwajibkan untuk semua moda angkutan barang.

Hal ini didasarkan temuan HPPI bahwa selain faktor muatan berlebih, kecelakaan truk tersebut juga diakibatkan dari pengemudi yang tidak kompeten. “Semua kendaraan angkutan umum wajib pengemudinya bersertifikat mumpung draf revisi KM 69 tahun 1993 sedang dibahas. Belajar dari peristiwa kecelakaan truk di Bumiayu kemarin semestinya pemerintah tahu akan risikonya. Tahu kalau angkutan barang biasa juga memiliki risiko yang sama seperti angkutan barang khusus,” kata Eddy Suzendi, Ketua HPPI.

Diketahui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan merivisi Keputusan Menteri Perhubungan (KM) Nomor 69 tahun 1993 tentang Penyelenggaraan Angkutan Barang di Jalan. Pasalnya, aturan tersebut sudah terbit sejak 25 tahun lalu dan masih mengacu pada undang-undang lawas, yakni Undang-undang Nomor 14 tahun 1992 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Alasan lain, pada kurun waktu yang sama juga telah terjadi beberapa perubahan regulasi terkait angkutan barang.

Dalam draf revisi tersebut terdapat sembilan substansi baru yang salah satunya keharusan pengemudi wajib memiliki kompetensi atau sertifikasi. Subtansi lain yang menjadi sorotan HPPI ialah keharusan memasang alat perekam kinerja kendaraan (blackbox). Menurut Eddy, gagasan ini nantinya dapat membantu dalam peningkatan keselamatan penyelenggaraan angkutan barang.

“Sangat bagus sekali karena bisa merekam kondisi selama perjalanan, termasuk memantau pengemudinya. Data kinerja rem, posisi gigi transmisi, speedometer dan lainnya semua bisa termonitor. Sehingga ketika terjadi kecelakaan data yang tersimpan bisa dipelajari,” ujar Eddy menambahkan.

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Ilustrasi: Dok. TruckMagz



Related Articles

Sponsors

NEW_327X300_

NEW_327X300_

web-banner-327x300 truck

logo-chinatrucks300 327pix