Single Wide Base Tire untuk Truk Angkutan Barang Lintas Negara di Eropa

07 / 06 / 2019 - in Ask The Expert, News

“Single Wide Base Tire” adalah ban tunggal jenis radial tubeless ( tanpa ban dalam ) tapak lebar yang sudah sangat umum digunakan di Eropa dan Amerika.  Umumnya di Eropa untuk transportasi barang antar negara digunakan kendaraan truk jenis trailer dengan 5 sumbu. Sumbu pertama atau sering disebut sebagai steering axle ( setir ) biasanya menggunakan ban tunggal tapak lebar dengan ukuran favorit 385/65 R 22.5.

Sedangkan pada drive axle ( roda penggerak ) biasanya digunakan ban ganda dengan ukuran lebih ramping yaitu 315/70 R 22.5. Selanjutnya pada 3 sumbu lagi di posisi ekor trailer biasanya digunakan ban tunggal tapak lebar jenis free rolling tire ( FRT ) dengan ukuran 385/65 R 22.5. Umumnya kendaraan truk jenis trailer untuk angkutan barang lintas negara di Eropa menggunakan 6 ban jenis tapak lebar ( single wide base tire ) saja untuk bagian ekornya.

Kendaraan truk jenis trailer dengan 5 sumbu di Eropa, umumnya hanya menggunakan 12 ban saja, tidak seperti di Indonesia yang masih menggunakan 18 ban untuk 5 sumbu. “Memang efek merusak ban tunggal tapak lebar terhadap permukaan jalan terbukti jauh lebih minim ketimbang ban dengan tapak lebih sempit, selain itu usia pakai ban tunggal tapak lebar juga jauh lebih panjang secara kilometer dibanding ban dengan tapak yang lebih sempit,” kata Bambang Widjanarko pakar ban dan pelek yang dimiliki Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia ( Aptrindo ).

Dalam pengamatannya di jalan tol trans Eropa Autobahn A4, A6 dan A1 di 6 negara Eropa seperti Italia, Swiss, Monaco, Perancis, Jerman, dan Belanda. Bambang menuturkan, “Seperti obrolan saya dengan para pengemudi truk di setiap rest area, rata-rata usia pakai ban radial tubeless tapak lebar di Eropa mampu menembus 200.000 Kilometer. Tentunya dengan kondisi jalan dan muatan berstandar Eropa. Sesuai aturan standarnya, para pengemudi truk di Eropa juga berhenti setiap 2 jam atau sekitar 200 kilometer untuk beristirahat,” Bambang mengakhiri pembicaraan.

WhatsApp Image 2019-06-07 at 16.55.24

Editor : Sigit A



Sponsors

NEW_327X300_

AFFA-logisticsphotocontest 

Capture 

logo-chinatrucks300 327pix