Seksi IV Tol Paspro Tunggu Pengajuan Prakarsa Pihak Waskita

11 / 04 / 2019 - in News

Tol Paspro

Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) sepanjang 31,3 kilometer (km) telah diresmikan Presiden Joko Widodo kemarin, Rabu (10/4/2019). Ruas tol ini terdiri dari tiga seksi, yakni Seksi I Grati Pasuruan-Tongas (13,5 km), Seksi II Tongas-Probolinggo Barat (6,9 km), dan Seksi III Probolinggo Barat-Probolinggo Timur (10,9 km). Keberadaan ruas tol ini diklaim akan memangkas waktu perjalanan dari Surabaya ke Probolinggo dan sebaliknya, dari sebelumnya butuh 2,5 jam-3 jam kini hanya perlu waktu sekitar satu jam perjalanan.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, masih dibutuhkan satu seksi lagi untuk mendukung sektor pariwisata khususnya ke kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru. “Kita membutuhkan tambahan 13,7 kilometer lagi untuk melanjutkan seksi IV dari Probolinggo Timur sampai Gending. Ini akan sangat membantu akses ke kawasan wisata Bromo-Tengger-Semeru, yang merupakan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN),” kata Khofifah.

Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Danang Parikesit, untuk kelanjutan Seksi IV Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) saat ini masih dalam tahap menunggu pengajuan prakarsa dari Badan Usaha dalam hal ini pihak PT Waskita Karya. “Untuk desain jaringan atau trase sudah kita tetapkan dari km 31 lanjut sampai ke km 45. Saya harap bisa dikerjakan secara paralel dengan ruas Probolinggo-Banyuwangi yang akan dikerjakan oleh Jasa Marga,” ujar Danang.

Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) sejatinya terdiri dari empat seksi dengan total panjang 45 km. Total investasi untuk tiga seksi senilai Rp 4,8 triliun dengan hak konsesi selama 45 tahun. Sebelumnya, tol yang dibangun oleh PT Waskita Karya ini telah diuji coba saat libur Natal dan tahun baru 2019. Otomatis, pasca-peresmian oleh Presiden Joko Widodo, ruas tol ini dapat digunakan pada saat mudik lebaran nanti.

 

Editor: Antonius
Foto: Kemen PUPR



Related Articles

Sponsors

NEW_327X300_

web-banner-327x300 truck

logo-chinatrucks300 327pix