Sebelum Lebaran Akses Tol Merak Hingga Semarang Bisa Dilewati

14 / 04 / 2018 - in News
Akses Tol

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mewujudkan niat Pemerintah Joko Widodo untuk membangun konektivitas melalui Trans Jawa. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya terus bekerja keras untuk dapat menghubungkan akses jalan tol dari Merak hingga Semarang sebelum lebaran 2018 mendatang.

Persiapan menjelang mudik tahun ini, menurut Menteri Basuki, sudah mengalami beberapa kemajuan. “Dua tahun yang lalu akses tol Trans Jawa sudah fungsional sampai di Brexit (Brebes Timur, Jawa Tengah). Sebelum puasa ini bisa kita resmikan operasional sampai Pemalang, kemudian ini nanti fungsional sampai ke Semarang. Kemudian Semarang sampai Salatiga operasional, Salatiga-Solo nanti fungsional. Kemudian Solo-Ngawi mudah-mudahan Mei 2018 bisa kita resmikan operasional,” kata Menteri Basuki melalui keterangan resminya, Sabtu (14/April/2018).

Dengan demikian saat arus mudik lebaran 2018, pengguna jalan tol yang akan menuju Semarang tidak lagi harus keluar di pintu Tol Brebes Timur, namun bisa langsung meneruskan perjalanannya melalui ruas tol Pemalang-Semarang sepanjang 114,2 km yang akan fungsional atau belum dikenakan tarif tol. “Mudah-mudahan pada mudik 2018 nanti bisa dilewati dalam kondisi operasional dan fungsional tetapi insya Allah tidak darurat,” ujar Menteri PUPR.

Ia menargetkan pada Mei 2018, seksi 3 dan 4 Tol Pejagan-Pemalang sepanjang 37 km dari Brebes Timur hingga Pemalang bisa beroperasi. Sementara untuk Tol Batang-Semarang sepanjang 75 km progres konstruksi sudah mencapai 75,4 persen. Saat meninjau pembangunan Jembatan Kali Kuto yang menjadi titik kritis di ruas tersebut, Menteri Basuki optimistis akan bisa dilalui pada mudik lebaran nanti.

Menteri PUPR menambahkan, pada 29 Maret lalu telah diresmikan ruas Ngawi-Wilangan (Nganjuk) oleh Bapak Presiden, dan setelah lebaran nanti kemungkinan ruas Ngawi-Kertosono (Nganjuk) dan secara keseluruhan ruas Wilangan-Kertosono bisa diresmikan.

“Sejauh ini target pertumbuhan tol Trans Jawa dari Merak sampai Surabaya sudah akan tersambung semuanya dan semua akan operasional pada akhir tahun 2018 mendatang, tetapi untuk arus mudik tahun ini memang masih ada beberapa ruang yang fungsional. Di tahun 2019 mudah-mudahan Surabaya-Pasuruan-Probolinggo tersambung kemudian nanti baru Probolinggo-Banyuwangi akan tersambung tol, tetapi kalau di 2019 Surabaya-Pasuruan-Probolinggo insya Allah pasti tersambung,” urai Menteri Basuki.

Menteri Basuki juga mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan akses jalan nasional di jalur Pantura pada arus mudik lebaran tahun ini. “Walaupun kita punya jalan tol yang lebih panjang dari dua tahun yang lalu dan nantinya bisa exit mudah-mudahan sampai di Semarang, namun demikian tidak harus semuanya masuk lewat tol karena nanti pihak kepolisian bisa mengatur arus untuk melewati jalur Pantura juga. Karena jalan nasional Pantura juga sudah lebih layak untuk dilewati,” ucapnya.

 

Editor: Antonius
Foto: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR

 



Related Articles

Sponsors

KI-2018-Web-Banner-320x327 (TruckMagz)

327-x-300 (1)

1cemat-banner300-80-cn 

327p-x-300p

logo-chinatrucks300 327pix

FA-CVL-Digital-Banner-300x327-pixel