SCI, ALFI dan AFFA Kerja Sama Riset Logistik

05 / 02 / 2018 - in News
Riset Logistik

Supply Chain Indonesia (SCI), Asosiasi Logistik Forwarder Indonesia (ALFI), dan ASEAN Federation of Forwarders Associations (AFFA) menjalin kerja sama penelitian sektor logistik Indonesia. Salah satu bentuk kerjasama yang tengah dilakukan adalah penelitian melalui jajak pendapat sektor logistik Indonesia tahun 2017-2018. Tujuanya untuk mendapatkan persepsi dari para pemangku kepentingan terhadap sektor logistik Indonesia tahun 2017 dan prediksi tahun 2018.

“Penelitian melalui jajak pendapat ini telah dilakukan secara berkala dalam tiga tahun terakhir ini. Penelitian yang dilakukan terhadap beberapa pilar utama sektor logistik dan dikembangkan dengan metode ilmiah untuk menjamin validitas dan objektivitas,” kata Setijadi, Ketua SCI beberapa waktu lalu.

Periode penelitian yang dilakukan pada 15 Januari hingga 14 Februari 2018. Melibatkan responden berbagai latar belakang profesi, seperti praktisi pelaku dan penyedia jasa, pemilik barang, akademisi, birokrasi, pemerhati, dan pihak-pihak terkait dalam bidang logistik. Nantinya hasil penelitian akan disampaikan kepada pemerintah melalui kementerian dan lembagan terkait serta dipublikasikan di media massa.

Sementara itu,  Ketua Umum ALFI sekaligus Chairman AFFA, Yukki Nugrahawan Hanafi menilai nantinya hasil penelitian sangat diperlukan. “Selama ini Indonesia terlalu tergantung dari hasil penelitian dari lembaga dan konsultan asing, termasuk untuk sektor logistik. Oleh karena itu, kerja sama penelitian SCI dan ALFI tersebut penting sebagai penelitian sektor logistik yang dimotori oleh lembaga dan asosiasi dalam negeri,” ujar Yukki.

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Foto: Giovanni



Related Articles

Sponsors

GIIAS

KI-2018-Web-Banner-320x327 (TruckMagz)

1cemat-banner300-80-cn 

logo-chinatrucks300 327pix

FA-CVL-Digital-Banner-300x327-pixel