Samsung Ujicoba Safety Truck di Kawasan Rawan Kecelakaan

16 / 02 / 2016 - in Berita

Menjelang peluncuran globalnya, perusahaan raksasa elektronik asal Korea Selatan, Samsung, akan menggelar pengujian kinerja dari teknologi penunjang program Samsung Safety Truck selama empat bulan ke depan.

Seperti dilansir ZDNet, proyek kolaborasi Samsung bersama produsen truk global yang berbasis di Gothenburg, Swedia, Volvo Truck ini nantinya akan mulai diperluas ketersediaannya sebagai peranti pendukung keselamatan bagi sesama pengguna jalan di seluruh dunia.

Sejak pengujian kendaraan safety-nya di tahun 2015 lalu, kini Samsung tengah mengujicoba versi truk komersial berjuluk Samsung Safety Truck di La Plata, Argentina secara lebih menyeluruh dengan detil maksimal untuk segera memerkenalkan teknologi keamanan ini secara global di penghujung tahun 2016 mendatang.

Lokasi di La Plata, Argentina dipilih sebagai tempat pengujian lantaran tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi, terutama ketika pengendara lainnya menyalip satu sama lain di kawasan tersebut.

Sama halnya dengan kontur jalan seperti di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat misalnya. Jalur berkelok dengan sudut blindspot sangat tinggi, membuat pengendara lain di belakang truk tidak dapat memantau kendaraan lain dari arah berlawanan terutama saat melewati tikungan tajam.

Pada jalur lurus pun mengharuskan pengemudi mobil kecil agak menjulurkan lehernya saat hendak menyalip truk, demi bisa memantau kondisi di depan truk dengan boks ukuran jumbo yang menghalangi pandangan ke depan.

Alhasil, Samsung Safety Truck menerapkan fitur transparan pada tampilan empat layar monitor LCD berspesifikasi tahan segala cuaca yang digabungkan menjadi satu dan dipasang pada pintu belakang boks trailernya.

Menggunakan kamera yang dipasang pada moncong truk, sistem akan menangkap kondisi real time pada jalan di depan truk. Sehingga pengendara mobil penumpang yang berada tepat di belakang truk, tetap dapat memantau kondisi jalan di depannya meski terhalang bodi jumbo truk yang ada di depannya.

Samsung menganggap bahwa fitur safety truck yang sedang dikembangkannya ini merupakan solusi untuk menurunkan angka kecelakaan, terutama bagi pengendara mobil penumpang yang banyak menjadi korban kecelakaan saat menyalip rangkaian truk trailer.

Teks : Antonius S

Sumber foto ZDNet



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix