Sambut MEA, Akses Jalan di Perbatasan Kalimantan Ditargetkan Rampung Tahun 2018

07 / 02 / 2016 - in News

Sambut iklim persaingan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan akan menyelesaikan pembangunan akses jalan di wilayah perbatasan Kalimantan pada 2018 mendatang.

Seluruh ruas jalan paralel di perbatasan Kalimantan dengan total sepanjang 1.770 km ini, ditargetkan dapat dilalui kendaraan pada 2018 mendatang. Dari total 1.770 km tadi terdiri dari 726 km di Kalimantan Barat, 223 km di Kalimantan Timur dan 820 km di Kalimantan Utara, dengan kebutuhan anggaran sekitar Rp 300 miiar.

“Saat ini tinggal tersisa sekitar 448 km yang belum dibuka untuk jalan dan akan segera dilanjutkan,” kata Bastian Sihombing, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VII Kementerian PUPR, dalam rilis resmi yang diterbitkan Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR.

Menurut Bastian, jalan perbatasan di ruas Entikong hingga Balai Karangan di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar) yang memiliki jalur perbatasan darat dengan Sarawak, Malaysia, nantinya akan dibangun 4 lajur dan akan menjadi urat nadi bagi perekonomian masyarakat di Provinsi Kalbar, terlebih menyambut MEA. “Saat ini perekonomian masyarakat di sini mulai terasa meningkat sejak dibangunnya PLBN (Pos Lintas Batas Negara), ditandai dengan melonjaknya harga tanah disekitar Wilayah ini,” tandasnya.

Menurut Bastian, akses jalan dari PLBN dalam jangka pendek akan dibuka dengan lebar 25 meter, dan untuk jangka panjang akan ditingkatkan menjadi 50 meter. Sejauh ini progres pembangunan akses jalan di daerah Kalimantan Barat baru berjalan 15 persen. Pasalnya, proses percepatan baru berjalan efektif sejak Agustus 2015 lalu. “Tahun sebelumnya sudah berlangsung hanya saja tidak seagresif sekarang,” tambah Bastian.

Meski begitu, menurut Bastian, jika sudah bisa ditembus dan dilalui nantinya kondisi jalan masih berupa jalur tanah, kerikil dan sedikit yang beraspal.

Teks : Antonius S

Sumber Foto Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR



Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix