“Safety Itu Selamat Saja, Defensive Itu Semua Selamat”

14 / 03 / 2018 - in Events, News

Rangkaian TruckMagz School mulai digelar hari di Hotel Patra Semarang. Acara yang didukung oleh Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia ( Aptrindo ) Jawa Tengah , Exxon Mobil Lubricrant Indonesia dan PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) selaku agen pemegang merek truk Mercedes-Benz di Indonesia.

Melanjutkan roadshow ‘Safety First, Efficiency Follow’ di lima kota besar di Indonesia, Semarang adalah kota kedua setelah Truckmagz School Cilegon pada tanggal 21-22 Februari 2018. Acara ini merupakan program edukasi dan kampanye keselamatan serta efisiensi perusahaan sekaligus program penghargaan bagi sopir truk yang mampu menjalankan konsep difensive driving.

Kegiatan ini berupa defensive driving training, pelatihan mengenai tire management system serta basic lubricant training. Pelatihan defensive driving dipandu oleh tim profesional dari Indonesia Defensive Driving Center (IDDC) bersertifikat internasional. Training difensive ini terbagi dalam dua sesi, sesi pertama di kelas yang diarahkan oleh Senior Instruktur IDDC Riza Herawan. Lalu sesi kedua di lapangan untuk menerima arahan mengendarai truk yang aman dan efisien. Hanya 10 sopir terbaik dengan nilai tertinggi pada ujian tertulis yang bisa mengikuti training di lapangan.

Dalam paparannya mengenai keselamatan berkendaran, Riza menyampaikan kepada seluruh peserta training agar memperhatikan keselamatan pengguna jalan lain. “Keselamatan berkendara itu dimulai dari diri sendiri dengan menjadi pengemudi yang bertanggung jawab. Sehingga hasil akhirnnya adalah tidak terjadi kecelakaan,” katanya.

Beberapa hal yang mempengaruhi keselamatan berkendara di negara berkembang adalah kecenderungan untuk berusaha memiliki kendaraan bermotor pribadi sangat tinggi, kekurangan transportasi publik, tidak didukung dengan budaya keselamatan yang kuat dalam mengemudi di jalan, banyak orang meninggal karena kecelakaan di jalan. Dalam paparan juga ditunjukkan video mengenai akibat kurangnya kewaspadaan dalam berkendara sehingga menyebabkan pengguna jalan lain mengalami kecelakaan. “ Sebagai pengendara yang bertanggun jawab tidak cukup hanya safety saja. Safety itu selamat saja, tetapi defensive itu semua pengguna jalan selamat,” jelasnya.

DSC_0747 eDSC_0699 e

Dari 10 peserta yang ikut training lapangan akan disaring lagi menjadi 3 peserta terbaik. Total hadiah dalam acara ini ini Rp 31.675.000. Hadiah akan diberikan kepada peserta pada saat gala dinner hari kedua.

Teks : Sigit A

Foto : Giovanni V



Sponsors

AFFA-logisticsphotocontest 

Capture 

web-banner-327x300 truck

logo-chinatrucks300 327pix