Ruas Tol Baru yang Bisa Dilewati di 2016 Ini

14 / 01 / 2016 - in News

Berkaca dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, problema kemacetan saat libur panjang dan arus mudik lebaran seakan tak kunjung usai. Pemerintahan presiden Joko Widodo (Jokowi) pun menargetkan hingga akhir tahun 2016 ini akan membuka jalur tol baru, dengan total keseluruhan sejauh 98 km sebagai salah satu solusi efekti mengatasi masalah kemacetan di Tanah Air.

Ruas tol yang direncanakan bakal dibuka adalah ruas Pejagan-Pemalang, Semarang-Solo, Solo-Kertosono, Mojokerto-Surabaya dan Bakauheni-Terbanggi Besar. Beberapa ruas memang sudah dibuka untuk umum. Menurut Hediyanto W. Husaini, Dirjen Bina Marga, ruas tol baru yang dibuka masih berupa jalan dengan kontur tanah dan kerikil alias belum dilakukan pengerasan .

“Untuk pulau Sumatera, ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar sudah dibuka 10 km dan pembangunannya terus dikebut karena pembangunan jalur tol Trans Sumatera ini diperhatikan langsung oleh Bapak Presiden,” ungkap Hediyanto.

Untuk pembebasan lahan, menurut Herry Marzuki, Kepala Subdit Pengadaan Tanah, pihaknya telah membebaskan 50 km lahan untuk ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar selama 2015. Dari jumlah tersebut, sekitar 10 km sudah dapat dilalui saat lebaran 2016 nanti, yang membentang dari daerah Lematang (Sumatera Selatan) hingga Kota Baru (Lampung). “Semuanya dikerjakan terus supaya bisa dilewati saat Lebaran nanti,” pungkas Herry.

Soal anggaran pembangunan infrastruktur tersebut, menurut Herry, realisasi penyerapan anggaran lahan tol sepanjang 2015 mencapai Rp 5 triliun lebih. Dana tersebut terdiri dari pagu anggaran lahan tol 2015 senilai Rp 4,56 triliun, dana landscapping sekitar Rp 1 triliun dan tambahan sisa lelang sekitar Rp 300 miliar.

Teks : Antonius S

Sumber foto  Setkab.go.id



Sponsors

 

 

AFFA-logisticsphotocontest 

logo-chinatrucks300 327pix