Roadshow Pamungkas Rangkaian TruckMagz School di Kota Pahlawan

08 / 05 / 2018 - in Events, News
WhatsApp Image 2018-05-08 at 4.44.04 PM

Roadshow Safety First, Efficiency Follow berakhir di Kota Pahlawan sebagai bagian dari rangkaian TruckMagz School 2018. Acara yang digelar hari ini di Ballroom Kalingga, Hotel Singgasana Surabaya ini didukung penuh oleh Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia ( Aptrindo ) Jawa Timur, MRF Tyres, Bank Danamon, Indonesian Defensive Driving Center(IDDC) dan PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) selaku agen pemegang merek truk Mercedes-Benz di Indonesia.

Sebanyak 55 peserta mengikuti ‘TruckMagz School’ dari perusahaan transportasi di Jawa Timur. Pada hari pertama, peserta dibekali teori defensive driving disusul dengan tes tulis. Lalu sesi kedua di lapangan untuk sopir menerima arahan mengendarai truk yang aman dan efisien. Hanya 10 sopir terbaik dengan nilai tertinggi pada ujian tertulis yang bisa mengikuti training di lapangan.

Adrianto Sugiarto Wiyono, Senior Instuctor Indonesian Defensive Driving Center membuka penjelasannya dengan mengenalkan apa itu pengendara yang defensive, “Pengendara yang Defensive adalah pengendara yang mampu mengemudikan kendaraan dengan tenang dalam arti tidak tegang, tidak mudah terprovokasi dan mampu mengantisipasi situasi kondisi lalu lintas sekitarnya,” katanya.

Rian juga berpesan agar sopir juga melakukan pengamanan kendaraan, “Saya menyarankan Pre-Trip Inspection, yang paling gampang adalah kelilingi kendaraan satu kali untuk mengecek ada tetasan oli atau sesuatu yang mencurigakan dan berbahaya di kendaraan. Paling umum yang tinggal kelilingi kendaraan kita sebelum berangkat kerja, yang harus dicek adalah bahan bakar, oli, air, kerusakan yang tampak, kelistrikan lalu ban atau wiper. Sesederhana itu kira-kira. Ketika sudah di dalam kabin bisa melakukan cek dengan memperhatikan indikator yang ada di dashboard,” jelasnya.

Hari pertama di dua sesi terseleksi 10 sopir yaitu Hari Widiyanto dari PT ESL, Dany Ary Wiryanugraha dari PT Karya Usaha Transport, Puji Ady Ronggo dari PT Karya Usaha Baru, Didit Elyanto dari PT Balrich Logistics, Parnu Wibowo dari PT Welthes Energi Nusantara, Suyono dari PT Bhirawa, M. Syaifulloh dari PT Karya Usaha Transport, I Putu Wahyu Didik Wiratama dari PT Sinar Jati Mitra, Sunarto dari PT Welthes Energi Nusantara dan Eko Susanto PT Balrich Logistics.

Dari 10 peserta yang mengikuti ujian praktek akan diseleksi kembali menjadi tiga peserta terbaik yang berhak mendapatkan hadiah yang akan diberikan pada gala dinner tanggal 9 Mei 2018 di Hotel Bumi Surabaya.

Teks : Sigit A

Foto : Giovanni V

 



Sponsors

GIIAS

KI-2018-Web-Banner-320x327 (TruckMagz)

1cemat-banner300-80-cn 

logo-chinatrucks300 327pix

FA-CVL-Digital-Banner-300x327-pixel