Resmi Buka GIIAS 2018, Jokowi ‘Warning’ Pelaku Otomotif

02 / 08 / 2018 - in Berita

Gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 resmi dibuka hari ini oleh Presiden Joko Widodo di Indonesia Convention (ICE), BSD City, Tangerang, Banten. Didampingi Airlangga Hatarto, Menteri Perindustrian,  bersamaan itu Jokowi juga  meresmikan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMDES). Kendaraan produksi lokal ini merupakan mobil barang yang dikhususkan untuk mengangkut komoditas pertanian di pedesaan.

Di antara sektor industri yang ada, otomotif merupakan industri yang paling menglobal. Rantai produksinya sudah global, skala ekonominya juga sudah global, brandingnya pun sudah global. Dengan demikian kita perlu mencermati perkembangan otomotif di dunia,” terang Jokowi saat memberi sambutan (2/08).

Menurutnya, setidaknya ada tiga hal yang perlu dicermati oleh pelaku industri otomotif dalam negeri. Pertama, tren pertumbuhan industri mobil listrik yang semakin meningkat. Kedua, terjadinya disrupsi teknologi dengan munculnya kendaraan otonom dan transportasi daring. Ketiga, risiko jangka pendek terkait siklus industri otomotif yang tren penjualannya menurun di negara-negara maju.

Ketiga hal tersebut, lanjut Jokowi, perlu menjadi perhatian karena bisa menjadi peluang atau sebaliknya acaman. Meski begit, menurut Airlangga Hatarto, industri otomotif sejauh ini masih menjadi salah satu andalan di sektor manufaktur yang berkontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto.

Salah satu sub sektor yang pertumbuhan tinggi di atas pertumbuhan ekonomi nasional yakni 6,53 % per tahun. Secara investasi urutan lima besar dengan senilai Rp.3.3 triliun dengan memberi kesempatan kerja terhadap 1.5 juta orang,”ujarnya

GIIAS 2018 akan berlangsung pada 2-12 Agustus 2018 diikuti 250 merek yang terdiri dari Agen Pemilik Merek (APM) mobil, kendaraan niaga dan industri pendukung otomotif lainnya. Pameran yang telah terselenggara untuk ke 26 kalinya ini akan meluncurkan 40 kendaraan dan kendaraan konsep terbaru.

Teks: Abdul

Foto: Argo S

 



Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix