Suspensi Bisa Berumur Panjang

28 / 02 / 2017 - in Ask The Expert
IMG_9784 s

Beberapa kepala mekanik banyak menginstruksikan kepada mekanik untuk memperhatikan mesin, penggunaan bahan bakar, rem dan keausan ban ketika melakukan maintenance. Tetapi tidak banyak teknisi yang memperhatikan suspensi, meskipun itu bagian besar dari sebuah truk dan trailer.

Salah satu sebab bagian suspensi tidak maksimal adalah penggantian suku cadang yang tidak tepat. Asikin, Service Advisor Indomobil Prima Niaga Hino Jemursari berpendapat “Mekanik perusahaan sering tidak melakukan pemeriksaan dengan benar sehingga penggantian part tidak teliti seperti bushing. Apalagi torsi pengencangan kurang sesuai lalu tidak membersihkan area suspensi dari bekas karat yang menempel. Rata-rata dari mereka kerja otodidak, tidak membaca petunjuk. ” jelasnya.

Penggantian part sudah diatur dalam buku petunjuk. Pemilik kendaraan bisa melakukan service yang terjadwal dengan dealer. Dealer pun memiliki list daftar part besar hingga kecil dan biaya yang dikeluarkan. Semua item yang diganti dipastikan jaminan part asli. Selanjutnya torsi pengencangan di area suspensi yang tidak tepat pada truk dan trailer biasanya dikarenakan tidak memasukan dalam jadwal pemeriksaan preventif. Sehingga jika ada bagian yang dikencangkan akan terlewat dan berpengaruh pada performa kendaraan.

Jika ada sesuatu yang longgar, seiring waktu jika tidak dikencangkan akibatnya akan lebih buruk. Dalam perjalanan pasti ada getaran yang akan mengendorkan baut. Mekanik harus melakukan inspeksi visual rutin. “Jika dibiarkan akan akan timbul kebisingan. Segera periksa dimana sumbernya. Kencangkan baut atau berikan grease pada area itu.” katanya.

Gerakan pada area yang seharusnya tidak terjadi bisa menimbulkan bunyi yang keras seperti karet bushing suspensi yang getas. Bak truk yang membawa muatan adalah bagian besar yang terhubung langsung dengan suspensi belakang. Beban dan kondisi jalan memberikan pengaruh yang besar terhadap seberapa sering mekanik harus melakukan pengencangan. Pengencangan pada suspensi, gardan dan bagian axle belakang mampu memberikan kontribusi yang berarti terhadap usia komponen pendukung lain.

“Pastikan pemeriksaan visual, maintenanca seperti pemberikan grease untuk bisa membuat umur suspensi lebih lama. Karena bagian ini mendukung kerja truk ketika membawa muatan. Penting sekali untuk memasukannya dalam list pengecekan dari jadwal maintenance rutin “ tutupnya.

Teks : Sigit A

Foto : Giovanni V



Sponsors

TruckMagz Konstruksi Indonesia

TruckMagz Transport, Logistics & Maritime

GIIAS TruckMagz 2017