Rahasia Daihatsu All New Xenia Tangguh di Jalanan Indonesia

10 / 12 / 2021 - in Info Produk, Terkini

Setelah diperkenalkan secara resmi pada bulan November 2021 lalu, Daihatsu All New Xenia masih memunculkan keraguan di kalangan pelanggan setia Daihatsu Xenia. Banyak yang meragukan kemampuan penggerak depan Xenia generasi terbaru.

“Ketika membangun mobil, ada banyak hal yang dilalui tim Research and Development (RnD) Daihatsu sebelum resmi dijual ke pasaran. Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menjelaskan bagaimana sebuah mobil Daihatsu dibangun pada konferensi pers Daihatsu di GIIAS Surabaya 2021, Jumat(10/12).

“Kami melakukan beberapa proses mulai dari survei pelanggan untuk mengetahui kebutuhan mereka lalu tim RnD kemudian melakukan perencanaan desain hingga teknisnya nya. Tak berhenti disitu, kami juga melakukan serangkaian tes jalan untuk membuktikan hasilnya maksimal. Bahkan di RnD di Karawang kami memiliki tes untuk mobil melewati banjir. Kami juga ada test ride dengan melalui 24 jenis jalan yang ada di Indonesia. Ini semua untuk memastikan produk yang kami jual sesuai dengan pasar Indonesia,” jelas Amelia.

“Selain itu yang cukup penting lagi adalah memastikan kondisi pada aktual pengendaraan di jalan dan memahami kebiasaan mengemudi masyaratkat Indonesia. Jika merek lain menggunakan acuan global ,jadi tidak memahami bagaimana kebiasaan menyetir orang Indonesia. Karena kalau acuannya global belum tentu bisa melewati jalan ekstrem di Indonesia. Karena ada juga jalan dengan kemiringan 18 derajat di Indonesia. Dan kami sudah uji Xenia baru di RnD Karawang dan tune bagaimana setting gear dan ECU, sehingga Xenia penggerak roda depan ini tetap mumpuni di tanjakan,” kata Amelia.

Amelia melanjutkan, “Tetapi tidak bisa dipungkiri ada orang –orang yang suka dengan penggerak roda belakang karena memang performanya baik di tanjakan. Maka, kami juga masih memproduksi Xenia penggerak roda belakang hanya tipe 1.3 X M/T. Itu masih bisa dibeli untuk penggunaan fleet. Tapi jika ada customer retail pun juga kami layani. Jadi kami menjual Xenia dengan dua tipe yakni penggerak roda belakang dan penggerak roda depan, yang perlu diketahui juga harga memang berbeda,” pungkas Amelia.

Editor dan Foto : Sigit



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix