Puninar Tambah Armada dan Kenalkan Layanan Berbasis Cloud

28 / 08 / 2017 - in Berita

Bisnis logistik merupakan salah satu sektor usaha yang potensial dan telah mengalami perkembangan pesat di Indonesia. Setiap tahunnya, tingkat pertumbuhan logistik di Tanah Air mencapai dua digit dan terus bertumbuh, dan tentunya potensi ini semakin banyak menarik minat para pelakunya, baik dari pihak lokal maupun para investor asing.

Pada kenyataannya, meski potensi bisnis logistik besar namun kinerja logistik di Indonesia relatif masih berada di bawah negara-negara tetangga, yang secara langsung dapat memengaruhi tingkat persaingan dalam bisnis logistik di Tanah Air. Hal ini mengacu pada survei yang dilakukan oleh Bank Dunia, yang menunjukkan Indeks Performa Logistik (IPL) Indonesia pada tahun 2016 berada di urutan 63 dari total 160 negara yang disurvei.

Ada 6 faktor yang memengaruhi IPL sebuah negara yaitu kemudahan dalam proses kepabeanan, ketersediaan infrastruktur, interkoneksi pelabuhan internasional, kualitas servis, pelacakan dan penelusuran (track and trace), serta ketepatan waktu.

Guna meningkatkan level IPL, beberapa hal telah dilakukan pemerintah Indonesia di antaranya melalui pembangunan infrastruktur transportasi, meningkatkan interkoneksi pelabuhan, serta mendongkrak performa dalam proses kepabeanan di Indonesia.

Seiring langkah pemerintah dalam meningkatkan level IPL Indonesia di kancah internasional, Puninar Logistics sebagai salah satu pelaku bisnis logistik profesional di Tanah Air ikut berbenah diri  melalui penambahan armada angkutan barangnya, termasuk menyediakan layanan transportasi ke tingkat yang lebih tinggi dengan memanfaatkan sistem transportasi terpadu berbasis teknologi cloud computing.

Puninar

 

Menurut Direktur Utama Puninar Logistics, Roby Kurniawan, layanan berbasis teknologi cloud computing ini akan memberikan kemudahan bagi para pelanggan maupun mitra Puninar. “Karena teknologi ini memungkinkan dalam meningkatkan kualitas layanan dan juga memberikan kemudahan dalam proses pelacakan dan penelusuran (track and trace) secara real time bagi setiap pelanggan. Puninar memilih teknologi Transport Management Services (TMS) yang terbaik di dunia dan membawa kualitas tersebut ke dalam layanan transportasi di Puninar,” kata Roby dalam sambutannya di acara serah terima unit baru UD Trucks di salah satu komplek pergudangannya di kawasan Tanjung Priok Gateway Logistics Hub., Senin (28/Agustus).

Pada kesempatan ini pula, Puninar Logistics dan PT United Tractors juga melakukan serah terima 20 unit truk baru merek UD Trucks varian Quester. Alasan Puninar memilih Quester sebagai pelengkap armada truk angkutan barangnya yang sudah eksisting selama ini, menurut Roby, tak lain lantaran fitur UD Telematics yang telah tersemat pada setiap unit Quester.

Presiden Director UD Trucks Indonesia, Valery Muyard mengatakan, UD Telematics adalah sistem pemantauan jarak jauh yang memungkinkan setiap penggunanya selalu mendapatkan informasi terkini tentang status keseluruhan armada secara real-time.

“Sistem ini tidak hanya mudah digunakan, tetapi juga memberikan sejumlah manfaat besar yang akan membantu pelanggan dalam upaya menekan biaya, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan produktivitas. Manajemen armada seperti yang diterapkan oleh Puninar juga akan sangat terbantu, karena fitur pada UD Telematics mencakup pengingat servis dan diagnostik jarak jauh. Sehingga memungkinkan dalam memberikan bantuan untuk mengatasi kerusakan secara cepat,” urai Valery yang mendampingi pihak United Tractors sebagai salah satu authorized distributor UD Trucks di Indonesia.

Adapun layanan terpadu berbasis teknologi cloud computing yang ditawarkan Puninar mencakup Transportation order, Load Optimisation atau pengoptimalan Muatan, Shipment Optimisation atau pengoptimalan Pengiriman. Adapula fitur Tracking & Tracing and exception handling (Pelacakan dan penelusuran) yang dapat memberikan informasi secara real-time terhadap status, lokasi, kondisi pengiriman, serta dapat memberikan sinyal kepada berbagai pihak berupa email, SMS ataupun media lain. Termasuk Data Analytics atau analisa data yang memungkinkan analisa terhadap pengiriman-pengiriman yang telah terjadi. “Sehingga layanan ini akan membantu Puninar dan pelanggannya dalam menentukan strategi pengiriman yang lebih optimal,” ujar Roby.

 

Teks: Citra, Anton
Editor: Antonius
Foto: Citra

 

 

 

 

 

 



Related Articles

Sponsors

 

logo-chinatrucks300 327pix