Program Gratieks Kementan Diyakini Tingkatkan Ekspor Tiga Kali Lipat

12 / 09 / 2020 - in Berita

Mohammad Lahay, Bupati Tojo Una Una (Touna) menegaskan melalui program Gratieks (Gerakan Tiga Kali Ekspor) yang tengah dijalankan Kementerian Pertanian menjadi terobosan andalan dalam mendorong roda perekonomian. Diharapkan ekspor komoditas pertanian ke depannya semakin meningkat dan produksi pertanian pun semakin meningkat dengan kualitas yang bagus yakni produksi dapat mencapai 7 persen per tahun.

Program Gratieks yang digagas oleh Menteri Pertanian Bapak Syahrul Yasin Limpo ini mendorong pengusaha dan eksportir melipatgandakan lalu lintas ekpor pertanian menjadi 3 kali lipat,”katanya lewat siaran pers Kementerian Pertanian (11/9).

Berdasarkan data Dinas Pertanian Kabupaten Touna, luas eksisting tanaman pangan khususnya untuk komoditas jagung mencapai 28.000 hektar (Ha) dengan luas potensi pengembangan sebesar 42.682 Ha serta potensi secara keseluruhan yang sesuai marginal sebesar 313.455 Ha.

Dengan bantuan program Kementan, pemerintah Touna dapat terus meningkatkan luas tanaman jagung secara berkelanjutan. Produksi dan ekspor jagung pun terus meningkat melalui Pelabuhan Matangisi,”terangnya. Di sisi lain, Suwandi, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) mengatakan, pihaknya mendukung penuh kepada pemerintah daerah dalam mengoptimalkan potensi pertanian dan peningkatan produksi yang berbasis ekspor.

Kementan memiliki Program Pengembangan Kawasan Tanaman Pangan Korporasi (Proktani) sehingga terkait jagung, pengembangannya dilakukan berbasis korporasi. “Kawasan korporasi pertanian ini tidak berarti dalam satu hamparan, namum dibangun klaster dan selanjutnya beberapa klaseer digabungkan menjadi satu kawasan besar yang luasnya mencapai 5.000 sampai 10.000 hektar,”tambah Suwandi.

Teks: Abdul

Foto: Kementerian Pertanian



Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix