Volvo Trucks Kembangkan Powertrain Versi 2017 dari Proyek SuperTrucks

21 / 04 / 2016 - in Products

Keterlibatan Volvo Trucks dalam proyek SuperTruck yang disponsori oleh pemerintah Amerika Serikat (AS), sangat berperan dalam proses desain dan rekayasa untuk pengembangan penerus daya (powertrain) terbaru versi 2017 dari Volvo Truk. Salah satunya seperti efisiensi bahan bakar yang lebih baik, dengan tetap menjaga performa terbaik bagi pelanggan setianya.

Program SuperTruck yang disponsori Departemen Energi AS ini, juga sangat berperan dalam pengembangan beberapa fitur baru. Seperti gerak ayun piston, sistem turbo, dan sistem injeksi bahan bakar common rail.

“Dukungan dari DOE (Design of Experiments) yang dipadu dengan para insinyur kami yang ahli di bidang powertrain pada program SuperTruck ini, membantu kami dalam melakukan inovasi di sektor penerus daya secara signifikan,” kata Gran Nyberg, Presiden Volvo Trucks untuk kawasan Amerika bagian utara.

Program DOE SuperTruck ini merupakan bentuk kemitraan secara patungan antara pemerintah AS dengan pihak swasta, yang mendukung penelitian dan pengembangan untuk meningkatkan efisiensi pada industri angkutan kargo, dengan tujuan membantu mempercepat pengembangan teknologi efisiensi yang lebih canggih yang saat ini belum tersedia di pasaran umum, khususnya pada kendaraan truk heavy duty kategori 8 seperti long-haul tractor head maupun truk trailer.

Nyberg mengatakan, pihaknya sangat berharap dapat memberikan sebuah fitur yang inovatif bagi pelanggannya yang sudah terlanjur mengandalkan truk Volvo, agar konsumen dapat merasakannya langsung manfaat efisiensi bahan bakar yang lebih besar untuk meningkatkan produktivitas terbaik.

Powertrain terbaru persembahan Volvo Truck di tahun 2017 ini, secara paralel ikut meningkatkan kinerja mesin Volvo D11 dan D13, pasokan sistem turbo pada mesin D13, serta peranti Exhaust After Treatment System (EATS). Hal ini menunjukkan komitmen Volvo untuk pengembangan fitur pada komponen powertrain secara terintegrasi, yang tentunya langsung mengadopsi dari program SuperTruck tadi.

Volvo Truck sendiri telah memperkenalkan sistem powertrain terbaru versi 2017 ini di fasilitas manufaktur komponen powertrain miliknya Hagerstown, Maryland, AS, Maret 2016 lalu.

Teks : Antonius S
Foto : Volvo Trucks



Sponsors

 

 

AFFA-logisticsphotocontest 

logo-chinatrucks300 327pix